Home News Balikpapan Sabet Adipura Paripurna

Balikpapan Sabet Adipura Paripurna

664
0

KOTA Balikpapan kembali meraih prestasi, yaitu Piala Adipura Paripurna (Adipura yang berkelanjutan). Untuk tahun ini, Balikpapan berhasil meraih peringkat terbaik untuk kategori Kota Besar terbaik se-Indonesia. Dari 500 kota/kabupaten yang bersaing, hanya tiga daerah yang berhasil mendapatkannya, yaitu Balikpapan, Surabaya dan Tulungagung.

Piala dan penghargaan diserahkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Wali kota Balikpapan Rizal Effendi di Siak, Riau, Jumat (22/7). Wapres menyerahkan penghargaan ditemani Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Adipura Paripurna merupakan penghargaan Adipura tertinggi kepada kabupaten/kota yang memenuhi syarat sebagai kota yang tidak hanya mampu menyelesaikan berbagai isu lingkungan hidup, tetapi juga mampu terus berinovasi di bidang pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau (RTH), pengendalian dampak perubahan iklim, pemanfaatan energi terbarukan, serta penurunan ketimpangan ekonomi dan sosial berbasis pengelolaan lingkungan hidup.

“Untuk tahun ini, penilaiannya sangat ketat. Persaingan tiap daerah sangat berat, bukan hanya soal sampah, tapi juga segala aspek mulai dari aspek udara, aspek laut dan aspek darat,” sebut Wali Kota Rizal Effendi.

Untuk peraih Adipura Paripurna ini, sebelumnya harus meraih Adipura minimal tiga kali berturut-turut dan menduduki peringkat tiga besar nasional untuk kategori kota metropolitan dan kota besar, serta menduduki peringkat lima besar nasional untuk kota sedang dan kota kecil.

Ada 12 kota dan kabupaten yang masuk nominasi Adipura Paripurna antara lain Surabaya, Tanggerang dan Semarang (kategori kota Metropolitan), Balikpapan dan Malang, (kategori kota besar), Madiun, Jombang, dan Tulungagung (kategori kota sedang), serta Banjar-Kota Martapura, Nganjuk, Pati dan Lamongan (kategori kota kecil).

“Untuk kategori kota besar, Balikpapan bersaing dengan Malang di detik-detik terakhir,” ungkap Kabag Humas Pemkot Balikpapan Sutadi. [*]

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 56 Agustus 2016

Previous article“Merdeka” di Kota yang Nyaman
Next articleBPMP2T Luncurkan SOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.