Home Entertainment Kenali Hatimu Lebih Dalam

Kenali Hatimu Lebih Dalam

904
0

Hati yang dimaksud di sini adalah organ tubuh manusia. Hati atau liver merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi penting, yaitu sebagai pemecah senyawa bersifat racun atau detoksifikasi.

Meski begitu, pengetahuan umum soal hati dan kesehatan di masyarakat masih tergolong rendah. Oleh karena itu, kami merangkum beberapa fakta soal hati dan kesehatan yang harus diketahui.

1. Organ Paling Besar

Hati merupakan organ dalam paling besar yang ada di tubuh manusia. Besaran hati kira-kira seukuran dengan bola rugby dan berwarna merah kecokelatan.

Besarnya ukuran hati dikarenakan fungsinya yang sangat banyak. Ilmu kedokteran mencatat, kurang lebih ada 500 hal yang dilakukan hati, selama 24 jam sehari.

2. Bisa Tumbuh Kembali

Hati adalah organ yang memiliki fungsi regenerasi optimal. Jika kita memotong tiga perempat bagian hati, dalam beberapa minggu bagian yang dipotong akan tumbuh kembali seperti semula.

Meski begitu, hati sangat rentan rusak jika mengonsumsi alkohol berlebihan atau menggunakan narkotik. Hati juga bisa rusak jika penyakit metabolik seperti diabetes menyerang.

3. Penyakit Hati Tak Bergejala

Sebutan silent killer untuk penyakit hati bukan tanpa sebab. Selama fungsinya tidak menurun drastis, hati tidak akan menunjukkan gejala adanya penyakit.

Maka dari itu, pemeriksaan rutin dan hidup sehat penting untuk menjaga kesehatan hati.

4. Penghasil Zat Pembeku Darah

Ketika luka, darah yang keluar tidak berhenti sendiri. Ada mekanisme pembekuan darah agar darah tidak keluar terus menerus dari luka.

Protein yang mengatur pembekuan darah tersebut dihasilkan oleh hati. Karena itulah pasien sirosis hati sering mengalami pendarahan internal.

5. Kunci Kesehatan Tubuh

Memiliki sekitar 500 fungsi untuk tubuh, hati bisa dikatakan kunci bagi kesehatan seseorang. Karena itu, jaga kesehatan hati kita sejak sekarang.

Jauhi konsumsi alkohol dan penggunaan narkotika karena dapat menurunkan fungsi hati. Jika fungsi hati menurun, kinerja organ lain seperti jantung, pankreas dan ginjal juga akan ikut terganggu.

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi ke 56 Agustus 2016

Previous articleIde dari Singapura di Cafe Mini
Next articleMenjelajahi Sisi Lain Timur Tengah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.