Home Lifestyle 7 Kiat Untuk Dongkrak Rasa Percaya Dirimu

7 Kiat Untuk Dongkrak Rasa Percaya Dirimu

583
0

Tidak semua orang gampang memiliki kepercayaan diri. Tak sedikit bahkan orang seringkali minder dengan dirinya sendiri. Tak sedikit pula yang merasa bahwa dirinya tak sebaik, tak sesempurna dan tak sepercaya diri orang lain. Padahal, sebenarnya kuncinya ada pada dirimu sendiri. Ya, tanpa kamu yang mengubahnya, maka kamu akan tetap menjadi dirimu yang suka minder, menganggap diri tak bisa dan tak berani.

Bahkan, untuk orang yang biasa saja ada kalanya dia mengalami kehilangan rasa percaya diri dalam momen-momen tertentu. Misalnya saja saat mengalami hal buruk seperti kegagalan dalam hidup. Bukan hanya itu, kekecewaan dan penolakan juga bisa membuat seseorang kehilangan kepercayaan dirinya.

Namun, kamu harus yakin bahwa kepercayaan diri harus kamu miliki. Sebab, percaya diri sangatlah penting agar kita juga mampu menghadapi kehidupan lebih optimis dan positif. Nah, ternyata ada beberapa cara bagaimana mendongkrak kepercayaan dirimu agar lebih meningkat. Tak perlu menghabiskan banyak biaya, apalagi sampai mengikuti kelas kepribadian hanya untuk menumbuhkan kembali percaya dirimu. Apa saja sih kiatnya? Simak ulasannya berikut ini

Saat kepercayaan dirimu memudar, luangkan waktumu sejenak untuk rileks

Saat rasa percaya dirimu mulai memudar atau sedang hilang sebaiknya kamu berjalan ke luar ruangan. Pilihlah suatu tempat sejuk, terdapat pohon rindang atau sesuatu yang indah. Lalu, kamu bisa menghela nafasmu panjang. Rileks kanlah seluruh anggota badanmu. Tarik nafas dalam-dalam lalu tersenyumlah. Pandanglah dan yakinkan pada dirimu sendiri bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Foto selfie sesekali, kenapa tidak?

Ya, foto selfie itu ada loh gunanya. Ya salah satunya untuk memicu rasa percaya dirimu timbul. Ambil saja beberapa, lalu simpanlah di dalam hape/ kameramu. Kamu bisa mengambil beberapa foto yang menurutmu terbagus/ tercantik lalu kamu bisa menghiasnya semaumu. Hal ini bisa kembali memulihkan rasa percaya dirimu.

Menyanyi dan berpraktik seolah penyanyi

Pilih lagu yang menjadi favorit kamu. Lalu, setelah itu, kamu bisa menghayati lagu itu sambil ditirukan nyanyiannya. Jika perlu, kamu bisa bergaya seolah penyanyi aslinya. Ingat, itu kamu perlu melakukan hanya sendirian, agar kamu tidak malu. Kamu juga bisa menari jika kamu mau. Pengen tahu gayamu? Lihatlah di depan cermin.

Ganti gaya? Kenapa harus takut?

Tak ada salahnya loh kamu mengganti gayamu jika gayamu saat ini masih belum menunjang kepercayaan dirimu. Misalnya saja kamu mulai berdandan atau memperhatikan penampilanmu. Ya, ini akan sangat membantumu menambah atau memulihkan kepercayaan dirimu. Namun ingat, pilih gaya yang membuatmu nyaman dan sesuai dengan karaktermu. Kamu juga perlu ingat dimana dan kapan kamu harus memakai kostum pesta, mana baju untuk kuliah. Kamu juga oke kok make up, tapi jangan terlalu berlebihan. Gunakan seperlunya saja. Itu akan membuatmu lebih percaya diri.

Perbanyaklah interaksi dengan orang lain

Bersosialisasi dan berinteraksi adalah salah satu kunci penting dalam peningkatan kepercayaan diri. Di hadapan mereka, kamu bisa menggali ide, menuangkan ide-idemu, menambah wawasanmu dan semakin membuat kamu meyakini dirimu sendiri bahwa kamu bisa melakukan apapun. Berbincanglah tentang apapun, gali dan carilah ilmu tentang bagaimana berkomunikasi yang baik dengan orang lain.

Perlu loh berolahraga itu menjadi jadwal rutinmu

Weh, jangan salah ternyata olahraga bisa membuat kepercayaan diri seseorang lebih baik. Soalnya dengan berolahraga maka seluruh anggota badan kan otomatis gerak, entah dlihat orang atau tidak, siapa sih yang peduli? Nah, selain sehat, olahraga yang rutin tentu membuat badan wajah dan anggota tubuhmu lebih fresh. Otomastis, membuat kepercayaan dirimu juga meningkat sedikit demi sedikit. Jadi, jadwalkan deh olahraga rutinmu. Ya, minimal sepekan sekali saja. Hehehe

Mana yang kamu sukai dan kamu ingin kembangkan, lalu tekuni!

Nah, ini adalah salah satu bentuk konsistensi untuk menumbuhkan rasa percaya diri yang baik untuk kehidupanmu. Saat ini, apa sih yang kamu inginkan? Lalu, apa sih yang menjadi fashion kamu? Maka, tekunilah dan kejarlah hingga kamu dapatkan. Raih semaksimal mungkin. Jika sudah, maka perlahan rasa percaya dirimu akan meningkat seiring karir/ pendidikan yang kamu kejar.

Gimana? Sudah dapat inspirasi untuk memupuk rasa percaya diri? Coba dulu deh kiat jitu diatas! Semoga berhasil ya!

Source : terselubung.in

Previous articleManfaat Air Embun Yang Belum Kamu Ketahui
Next articleBagaimana Musik Mampu Tingkatkan Fungsi Otak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.