Home Technology and Tips 8 Tips Menjaga Rambut Sehat

8 Tips Menjaga Rambut Sehat

1083
0

Rambut rontok bukan lagi permasalahan baru dalam dunia kecantikan. Brand Manager produk sampo Natur, Rahayu Prasetyawati mengatakan masalah rambut bisa dipicu akibat faktor internal dan eksternal.

“Faktor eksternal bisa diakibatkan dari paparan sinat matahari, cuaca maupun udara,” ungkap dia di bilangan K. H. Mas Mansyur, Selasa 3 Mei 2016. Sementara faktor internal bisa dipicu karena hormon, pola hidup tidak sehat dan usia.

Karena faktor usia tidak dapat dihindari, maka ada baiknya jika kita mulai membiasakan diri untuk merawat rambut agar tetap sehat alami. Nah, berikut ini delapan tip merawat rambut secara alami.

1. Usahakan membersihkan rambut dua hari sekali.

Kebersihan rambut dapat memperlancar sirkulasi darah pada kukit kepala. Tak hanya itu, rambut yang bersih juga membantu mengurangi stres dan membantu jaringan metabolisme agar tetap tumbuh dan berkembang secara normal.

2. Pilih Produk Perawatan yang Tepat

Sebisa mungkin pilih produk perawatan yang berkualitas baik dan memiliki kandungan alami. Kandungan alami akan lebih aman jika dibandingkan sampo yang berbahan kimia.

Jika sudah mendapat produk perawatan yang pas untuk kondisi rambut mulai dari sampo, conditioner, dan hair tonic, gunakanlah dengan benar. Selain itu, untuk perawatan tanbahan, lakukan perawatan dua kali seminggu dengan perawatan creambath, hair spa ataupun hairmask.

3. Cermat Memilih Sisir

Rambut yang sehat dan indah tergantung dari cara kita menyisir dan memilih sisir. Pilihlah sisir yang bergigi renggang atau sikat rambut yang tidak tajam. Jika Anda salah memilih, sisir bisa jadi salah satu penyebab rambut rusak dan rontok.

4. Menggunting Rambut

Selain untuk menjaga penampilan, memotong rambut juga berguna agar ujung rambut tetap sehat. Jadi, guntinglah rambut secara teratur agar rambut tidak bercabang, kering dan tidak mudah patah.

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Kurangnya asupan protein dan vitamin dapat membuat rambut rontok, kusam, kemerahan, berketombe dan akhirnya menjadi rontok.
Kandungan zat dan gizi yang terbaik untuk rambut bisa ditemukan pada ikan dan telur.

6. Jagalah Kadar Kelembapan Rambut

Keringat di kepala yang mengering dapat merusak akar rambut dan tentunya memicu gatal dan ketombe. Salah satu solusinya ketika menggunakan penutup kepala seperti topi maupun bandana, pilihlah yang cepat menyerap keringat sehingga tidak menumpuk di kulit kepala.

7. Jauhi Sinar Matahari

Rambut kusam dan bercabang bisa disebabkan oleh terik matahari. Jadi, usahakan untuk memakai topi atau payung saat beraktifitas secara outdoor terutama ketika sinar matahari sedang terik.

8. Hati-hati Saat Mengeringkan

Tak hanya hairdryer yang dapat memicu kerusakan pada rambut. Pengeringan rambut menggunakan handukpun ternyata dapat merusak rambut. Menggosok rambut basah dengan handuk akan membuat helaian rambut kusut dan mudah terjerat pada benang-benang di handuk sehingga tertarik dan mudah putus. Jadi, Tepuk-tepuklah rambut menggunakan handuk lalu diurut sesuai arah pertumbuhan rambut. Memang cara ini agak memakan waktu, namun hal ini berharga untuk kesehatan rambut.

Source : tempo.co
Link Gambar : www.brilio.net

Previous articlePentingnya Makanan Pendamping ASI bagi Anak
Next articleHindari Menyemprotkan Parfum di Bawah Lengan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.