Home Technology and Tips Pentingnya Makanan Pendamping ASI bagi Anak

Pentingnya Makanan Pendamping ASI bagi Anak

591
0

Setiap orang tua pasti ingin memiliki buah hati yang tumbuh optimal. Salah satu upaya yang harus dilakukan orang tua untuk menjadikan anak tumbuh optimal adalah memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) dengan tepat.

“MPASI diberikan pada usia 6 bulan ke atas. Kita wajib memberikannya walaupun jumlah ASI banyak,” ujar Attila Dewanti, Pakar Kesehatan Bayi dan Anak dalam acara Milna First Bite Campaign di Senayan City, Sabtu, 14 Mei 2016.

Menurutnya, ketika anak sudah memasuki usia 6 bulan, anak membutuhkan asupan energi yang jauh lebih banyak sehingga pertumbuhanpun akan optimal. “Jika pada usia 6-8 bulan anak tidak diberi makanan pendamping ASI, makan akan terjadi energy gap sebesar 30 persen yang mengakibatkan anak menjadi kurus, semakin kurus, lalu kurang gizi,” terang dia.

Adapun, makanan pendamping ASI yang diberikan harus dilakukan secara bertahap. “ASI diberikan sampai usia 2 tahun. Memasuji usia 6 bukan berikan makanan lumat lalu makanan lunak pada usia 9-12 bulan dan makanan padat pada usia 12-24 bulan,” ia menerangkan.

Sementara itu kandungan yang penting dalam makanan pendamping ASI diantaranya karbohidrat dan lemak yang berfungsi sebagai sumber energi. Tak hanya itu sumber vitamin dan mineral juga penting dipenuhi khususnya zat besi. “Zat besi banyak terkandung dalam sayuran atau kacang-kacangan,” kata dia.

Dokter anak ini juga mengemukakan bahwa terkadang tidak mudah untuk mengenalkan anak pada makanan pendamping ASI. “Butuh waktu 1-2 minggu untuk melihatnya,” ujar dia.

Namun yang terpenting, ia melanjutkan, berusahalah untuk membangun suasana yang menyenangkan saat pertama kali memberikan MPASI. “Karena momen tersebut akan selalu diingat anak. Bukan tidak mungkin akan akan trauma untuk makan jika orang tua sedang uring-uringan,” tutup dia.

Source : tempo.co
Link Gambar : www.tribunnews.com

Previous articleTerapi Kesadaran untuk Depresi Berulang
Next article8 Tips Menjaga Rambut Sehat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.