Home Entertainment Menggali Memori Lewat Gambar Lebih Baik daripada Tulisan

Menggali Memori Lewat Gambar Lebih Baik daripada Tulisan

3487
0

Tak semua orang memiliki memori yang baik akan segala sesuatu. Banyak hal-hal yang sebenarnya penuh kenangan pun bisa terlupakan. Banyak yang menggunakan lagu sebagai alat pengingat. Tapi para ahli memiliki cara lain untuk menggali memori itu, yakni dengan menggambar!

Hasil penelitian menunjukkan menggambar apa yang ingin kita ingat dua kali lebih efektif untuk menggali memori tersebut dibanding menuliskannya. Teknik ini lebih lengkap dalam hal menelusuri jejak memori dengan mengintegrasi informasi dari sisi visual, motorik, dan semantik.

“Kami sudah melakukan uji coba lewat berbagai strategi, tapi menggambar selalu menjadi yang teratas,” kata Jeffrey Wammes, PhD dari Departemen Psikologi Universitas Waterloo, Amerika Serikat.

Menurut para peneliti itu, proses menggambarkan kata-kata yang sulit diucapkan bisa mencakup setidaknya empat komponen dalam ingatan: elaborasi, gambar visual, aksi motorik, dan representasi lewat gambar.

“Para peserta tes sering mengingat sesuatu lewat gambar dua kali lebih baik daripada lewat tulisan. Kami menyebutnya ‘efek menggambar’ untuk melukiskan manfaat dari menggambarkan kata-kata yang ingin diucapkan daripada menuliskannya,” tutur Wammes, seperti dilansir Dailymail.

Menggambar juga terbukti lebih jitu dalam hal menggambarkan ciri-ciri fisik dibanding menuliskannya, walaupun mereka hanya menggambar selama empat detik. Sebagai contoh paling gampang, para peneliti meminta para siswa yang dites menggambarkan ciri balon atau buah pir.

Hanya dalam hitungan detik, mereka sudah bisa melukiskannya lewat gambar, tapi sulit melakukannya lewat gambaran verbal atau tulisan. Mau mencoba?

Source : tempo.co

Previous articleSejarah Kenapa Mata Uang Kita Disebut Rupiah
Next articleDefisit Anggaran Balikpapan 577 Miliar Bisa Bengkak Menjadi 700 Miliar, Ini Penyebabnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.