Home Technology and Tips Cara Sederhana Mempertajam Daya Ingat

Cara Sederhana Mempertajam Daya Ingat

698
0

Seiring bertambahnya usia, kemampuan sebagian besar manusia untuk mengingat akan semakin berkurang. Padahal dengan semakin bertambahnya usia, tanggung jawab mengingat–misalnya untuk keperluan pekerjaan–semakin dibutuhkan.

Semakin tumpulnya ketajaman daya ingat terjadi akibat bayak hal. Namun, sebenarnya banyak cara untuk membuat memori kita menjadi lebih tajam. Salah satunya dengan cara menulis atau mencatat hal yang ingin kita ingat.

Sebuah studi yang dilansir dari Hufflingtonpost.com telah menemukan bahwa siswa yang menulis catatan di kelas, mengungguli siswa yang hanya menggunakan cara mengetik.

Faktanya, menjauh dari ketergantungan digital dalam hal apa pun adalah sebuah tantangan yang cukup berat dalam era teknologi ini. Namun faktanya menulis menggunakan kertas dan pena untuk membuat agenda lebih memiliki manfaat dibandingkan dengan menggunakan smartphone. Salah satunya baik untuk meningkatkan daya ingat kita.

Orang yang membuat catatan dengan cara menulis dengan kertas dan pena lebih mampu menyimpan informasi dan memahami konsep-konsep baru. Karena menulis menempatkan mereka di posisi yang berbeda dari pemikiran dan diperlukan usaha mental lebih dibandingkan dengan mengetik.

“Fitur Laptop membuat poses mencatat begitu menarik. Dan membuat kemampuan untuk membuat catatan lebih cepat. Hal ini menggerogoti proses belajar,” Jelas psikolog pendidikan Kenneth Kiewra mengatakan kepada Wall Street Journal dan dilansir dari Hufflingtonpost.com.

Cobalah untuk tetap mempertahankan cara membuat agenda kita dengan membuat coretan-coretan kasar mengenai apa yang akan kita lakukan besok.

Cara ini dapat membuat kita lebih mudah mengingatnya karena apa yang kita pikirkan sudah kita tuangkan pada secarik kertas. Setelah kita membuat coretan mengenai apa yang ingin kita lakukan besok, alangkah baiknya kita susun lebih rapi dengan menggunakan agenda.

Membuat agenda sebenarnya dapat dengan manfaat tambahan memori dibandingkan dengan mengandalkan gadget. Karena membuat agenda dapat sangat berguna disaat genting ketika kita sedang kehabisan baterai telpon genggam. Dengan menulis agenda akan membantu kita dalam mengingat sesuatu tanpa harus mengandalkan gadget.

Selain cara diatas, sebagai tambahan kita harus selalu bersyukur dengan apa yang kita lakukan kemarin dan esok hari. Juga bisa membantu kita untuk mengingat apa yang akan kita lakukan besok. Studi menunjukkan bahwa rasa syukur dapat meningkatkan emosi positif dan membuat kita lebih optimis menjalani hari esok.

Source : tempo.co

Previous articleTips untuk Memperindah Kulit dengan Air Jeruk Lemon
Next articleCara Menjaga Stamina Saat Kerja Malam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.