Home Technology and Tips Tips Mengawetkan Makanan Basah dengan Cara Dibekukan

Tips Mengawetkan Makanan Basah dengan Cara Dibekukan

722
0

Tak semua makanan basah bisa cepat busuk atau rusak. Dalam sebuah kampanye Love Food Hate Waste di Inggris, diketahui ada beberapa jenis makanan yang bisa bertahan lama, bahkan sampai enam bulan bila dibekukan.

“Alat pembeku itu ibarat tombol “istirahat” jadi kita bisa membekukan apapun dan menggunakannya pada saat yang diinginkan. Alat pembeku juga bisa menyimpan makanan dengan aman selama bertahun-tahun, hanya saja setelah tiga bulan kualitasnya akan mulai menurun,” jelas Helen White dari Love Food Hate Waste kepada Daily Mail.

Apa saja antara lain makanan itu dan bagaimana tips penyimpanannya?

1. Telur. Pecahkan kulitnya, pisahkan putih dan kuning telur, lalu simpan dalam wadah yang berbeda. Tambahkan sedikit gula atau garam pada kuning teur agar tidak terlalu keras saat membeku.

2. Keju. Tak semua keju bisa diawetkan di alat pembeku. Ada juga yang bisa, dan sebaiknya keju diparut dulu sebelum disimpan sehingga bisa ditaburkan di kue atau piza saat dibutuhkan.

3. Alpukat. Belah menjadi dua bagian dan buang bijinya, atau hancurkan daging buah, masukkan dalam plastik diserrtai air lemon atau limau sebagai pengawet.

4. Rempah-rempah segar. Potong-potong dulu rempah-rempah tersebut, contohnya jahe atau bumbu dapur, baru kemudian disimpan di pembeku.

5. Kentang. Rebus selama lima menit, dinginkan, dan baru dibekukan.

6. Jamur. Iris-iris dan sebar di atas piring, jangan sampai ada irisan yang bertumpuk, lalu bekukan selama dua jam sampai tidak lengket dan saling menempel bila dicampur sebelum dimasukkan dalam kontainer pembeku.

7. Mentega. Mentega yang dibekukan banyak dijumpai di toko swalayan.

Source : tempo.co

Previous article6 Cara Hindari Kebosanan dengan Pasangan
Next articleKacang Mete Bantu Obati Rasa Cemas dan Depresi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.