Home Technology and Tips 4 Tips Jitu Atasi Insomnia  

4 Tips Jitu Atasi Insomnia  

2415
0

Kita semua tahu, minum susu serta berendam air panas dan hangat bisa membuat Anda nyenyak tidur di malam hari.

Karena itu, banyak orang insomnia memilih minum susu hangat atau berendam menjelang tidur.

Tahukah Anda, ada cara-cara lain yang bisa membuat tertidur, bukan hanya menghitung domba, seperti cara awam yang biasa dilakukan dan dipercaya orang selama ini? Berikut tipnya, seperti dilansir Timesofindia.com.

Tarik napas melalui lubang hidung sebelah kiri

Metode yoga ini diperkirakan mengurangi tekanan darah dan menenangkan Anda. Terapis tidur holistik, Peter Smith, mengatakan, jika Anda sulit tidur, berbaringlah di sisi kiri dan tekan  jari pada lubang hidung sebelah kanan. Secara perlahan, lakukan pernapasan dalam di lubang hidung sebelah kiri.

Bersantai

Lemaskan semua otot saat Anda hendak tidur. Ahli kecemasan Charles Linden mengatakan berbaringlah telentang, ambil napas lambat dalam melalui hidung dan saat yang sama remas jari-jari kaki seolah-olah Anda sedang mencoba meringkuk, kemudian lepaskan.

Tekuk kaki Anda ke arah lutut, kemudian lepaskan. Tarik napas lagi, kontrak otot betis Anda, paha, pantat, perut, dada, lengan, dan seterusnya tekan dan lepaskan otot-otot satu per satu. Ketika selesai, pernapasan harus stabil dan Anda pun siap untuk tidur.

Cobalah untuk tetap terjaga

Tantang diri Anda untuk tetap terjaga dan melawan rasa kantuk. Ini disebut paradoks tidur, ujar psikoterapis Julie Hirst. Biarkan mata Anda terbuka lebar, ulangi untuk diri sendiri ‘Aku tidak akan tidur’. Otak tidak memproses negatif sehingga menafsirkan ini sebagai instruksi untuk tidur dan otot mata cepat lelah karena rasa ingin tidur merayap naik.”

Mengingat kegiatan

Mengingat detail kegiatan dalam urutan terbalik dapat membersihkan pikiran Anda dari kekhawatiran. Ini membantu Anda mencapai keadaan mental yang siap untuk tidur.

Source : tempo.co

Previous articleLakukan 7 Hal Ini untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru
Next articlePengaruh Media Sosial Terhadap Psikologis Manusia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.