Home News Balikpapan Raih Penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2016

Balikpapan Raih Penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2016

794
0

UNGGUL UNTUK KORIDOR KALIMANTAN

BERTAMBAH lagi koleksi penghargaan yang diraih Kota Balikpapan. Terbaru, Balikpapan berhasil sabet piagam penghargaan pada ajang Indonesia Attractiveness Award 2016 kategori Infrastruktur. Piagam tersebut diserahkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara pada Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di Ballroom Hotel Mulia Senayan, Jakarta pada Kamis (22/9).

Ada 7 kota dan kabupaten lainnya yang meraih penghargaan di kategori ini bersama Balikpapan, yakni Kota Bandung, Kota Semarang, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Kutai Timur.

Indonesia Attractiveness Award sendiri adalah salah satu tolak ukur daya tarik investasi setiap daerah di Indonesia. Penilaian yang dilakukan oleh Frontier Consulting Group dan Tempo Media Group memiliki 3 tujuan, yaitu guna meningkatkan kesadaran kepala daerah akan pentingnya menjadikan daerah mereka sebagai tujuan investasi dan pembangunan daerah, memberikan inspirasi kepada kepala daerah guna membangun strategi-strategi yang lebih terarah dan jelas di masa depan dan memberikan informasi kepada para investor terhadap kesempatan bisnis untuk berinvestasi di daerah potensial di Indonesia.

Pengukuran Indonesia Attractiveness Index ini menggunakan empat dimensi, yakni Investasi, Infrastruktur, Pariwisata dan Pelayanan Publik. Sedangkan untuk nominasi penghargaan, ada beberapa nominasi yang ditentukan oleh penyelenggara. Nominasi tersebut di antaranya Kabupaten/Kota Terbaik, Kabupaten/Kota Potensial, Top Kabupaten/Kota di setiap Koridor dan Provinsi Terbaik.

Menkominfo RI Rudiantara menilai, keempat kategori yang diukur ini memiliki interdependensi yang tinggi. “Dapat dipastikan, daerah yang mampu meraih penghargaan ini adalah daerah yang masih memiliki ruang fiskal besar dan memiliki e-leadership,” sambungnya.

Selain kategori Infrastruktur, Kota Balikpapan juga meraih kriteria Platinum di kategori Kota Terbaik dengan nilai index 81,73. Selain itu, Balikpapan juga berhasil menjadi yang terbaik di koridor Kalimantan dalam kategori Top Kota di setiap Koridor. [hfd]

Previous articleLapangan Foni, Saksi Sejarah Jelang Kemerdekaan RI
Next articlePenuh Kehangatan di HUT Ke-43 Hotel Blue Sky Balikpapan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.