Home News #SayWarToDrugs, Sosialisasi Kreatif Polres Balikpapan

#SayWarToDrugs, Sosialisasi Kreatif Polres Balikpapan

974
0

BUKAN KATAKAN TIDAK, TAPI KATAKAN PERANG!

BERTEPATAN dengan momentum Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, Kepolisian Resor (Polres) Balikpapan menggelar acara sosialisasi anti narkoba untuk pelajar yang bertajuk “Say War To Drugs” di BSCC Dome, Jumat pagi.

Sampai 2.500 orang pelajar berkumpul dengan antusias, meskipun hujan turun pagi itu. Mereka terdiri dari berbagai sekolah tingkat SMA dan SMK di Balikpapan. Sekira pukul 09.00 WITA, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersama dengan Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta dan jajaran unsur Muspida hadir.

Kasat Binmas Polres Balikpapan AKP Syarifah Nurhuda yang juga Ketua Panitia acara ini mengatakan, sekarang bukan saatnya lagi hanya berkata tidak saja pada narkoba. Sekarang saatnya say war to drugs. “Jadi kalau kita cuma bilang no tapi kita tidak berbuat apa-apa, it’s nonsense,” tegasnya.

33

Senada dengan Nurul — sapaan akrab AKP Syarifah Nurhuda, Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta menuturkan, arti “war” dalam slogan Say War to Drugs bukan berarti memerangi narkoba dengan kekerasan. “War itu lebih aktif mengajak menjadi duta, kemudian mencegah, melapor, menolak jadi lebih aktif,” ujarnya.

16

Data dari Polres Balikpapan yang dibeberkan oleh Kapolres Balikpapan saat sambutannya, jumlah tersangka dari kasus narkoba yang sudah diamankan Polres Balikpapan di Balikpapan adalah 1.300 orang selama 5 tahun.

“Dari pemikiran itulah (sosialisasi digencarkan), apalagi tahun 2016 sudah hampir 400 tersangka. Kita bukannya senang dengan banyak tahanan namun juga kecewa. Caranya apa, kita mengajak generasi muda untuk menjadi duta, lebih aktif,” sambung Jeffri.

“Jadi pelajar ini sebagai generasi muda dia akan lebih menggelorakan, dia akan menyampaikan pada warga, sekolah, kawan. Mereka akan jadi sesuatu yang viral kemana-mana. Bila mereka senang, semangat, kita juga semangat, dan itu menjadi suatu kekuatan bagi kita untuk memerangi narkoba,” tambahnya.

LOMBA YEL-YEL DAN AKSI TEATRIKAL

Memulai acara, pelajar yang hadir dibagi menjadi enam kelompok untuk beradu yel-yel. Tiap kelompok diisi perwakilan dari dua sampai tiga sekolah. Teriakkan penuh semangat, kibaran bendera merah-putih dan dentuman perkusi memenuhi Dome pagi itu.

1

Di tengah acara, Kapolres Balikpapan mengumumkan pemenang lomba tersebut. Kelompok yang keluar sebagai juara 3 adalah kelompok 4 yang diisi pelajar dari SMKN 1, SMKN 4 dan SMAN 4. Sedangkan juara 2 dan juara 1 lomba itu yakni kelompok 6 dan kelompok 5, yang masing-masing diisi oleh SMAN 7, SMKN 6 dan SMAN 5 di kelompok 6 dan SMKN 2, SMAN 2 dan SMAN 9 di kelompok 5.

Pemenang berhak mendapat piagam sertifikat dan uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Balikpapan, Kapolres Balikpapan dan Ketua BNNK Balikpapan.

28

Pada acara itu juga ada penampilan teatrikal sosialisasi anti narkoba oleh Teater Junjung Nyawa. Mereka memeragakan dampak penggunaan narkoba, menjelaskan ciri-ciri dan efek samping dari masing-masing barang haram itu dan perubahan-perubahan tingkah laku pemakai narkoba, seperti menjadi lebih tempramental, melakukan segala cara demi bisa membeli narkoba dan lain sebagainya.

14

Dalam sambutannya, Kapolres Balikpapan juga membawa dua orang yang pernah terjerat kasus narkoba. Yang satu masih menjalani masa hukuman dan yang lainnya kini bekerja di BNNK Balikpapan. Kedua orang itu berbagi pengalaman pahit mereka selama masih menjadi pengguna narkoba. Ditinggal keluarga, mendekap di sel tahanan, sampai mereka bebas dari jerat narkoba.

Cerita itu pun menginspirasi pelajar yang hadir, salah satunya Muhammad Rajab Fadillah Bahnur, siswa kelas X SMA Negeri 4 Balikpapan. “Kita jangan pernah menyentuh yang namanya narkoba. Kalau bisa kita jauhkan sejauh-jauhnya, kalau bisa dibikin mati. Semoga acara-acara begini selalu ada tiap tahun, terus jangan pernah anak SMA atau anak masih sekolah jangan pernah sampai menyentuh namanya narkoba,” katanya.

19

Acara pagi itu turut dihadiri oleh Kepala Disporabudpar Balikpapan Oemy Facessly, jajaran BNNK Balikpapan dan organisasi pendukung Persiba Balikpapan, Balistik. Ada 70-100 orang personil Balistik yang hadir. “Karena waktu dan kondisi, situasinya hari Jumat kemudian banyak anggota yang kerja dan sekolah, akhirnya kita memutuskan beberapa perwakilan korwil saja yang hadir,” sebut Ketua Harian External Balistik Dwi Patmojo.

20

Ia juga menegaskan bahwa Balistik sangat mendukung acara sosialisasi anti narkoba ini. “Yang pasti kami sangat support dengan agenda anti narkoba ini. Paling tidak introspeksi juga dari Balistik bahwa hal ini bener-bener digalakkan, khususnya Pemkot dan dari Polres Balikpapan. Jadi kami sangat mendukung. Dan mungkin kalau ada agenda acara berikutnya, bisa kami diinformasikan,” ungkap Dwi. [hfd]

22

Baca juga : Dari Motivasi, Razia, sampai Penindakan

Previous articleYang Terjadi Jika Tubuh Tidak Berkeringat
Next articleDari Motivasi, Razia, sampai Penindakan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.