Home Lifestyle 14 Hal Kecil Ini Akan Membuat Anda Lebih Cerdas

14 Hal Kecil Ini Akan Membuat Anda Lebih Cerdas

625
0

Untuk membuat pikiran Anda cerdas ada banyak hal yang dapat Anda lakukan. Dari mulai melatih proses berpikir, menggali banyak informasi hingga fokus pada titik masalah atau sumber ide baru. Kecerdasan Thomas Alva Edison tercermin dari kemampuannya menemukan bola lampu karena dia adalah seorang pemikir yang logis, mengetahui tentang teknik listrik, dan berani untuk memecahkan masalah.

Berikut adalah berbagai hal yang harus dilakukan setiap hari untuk membuat pikiran Anda menjadi lebih cerdas, seperti dikutip dari situs Lifehack, Senin (7/11/2016).

1. Minum 2 gelas air, 30 menit setelah Anda bangun

Karena Anda sudah tertidur selama berjam-jam, tubuh Anda tidak mendapatkan air selama 6-9 jam. Air dibutuhkan untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Dua gelas besar air dapat mengimbangi defisit cairan Anda selama Anda tidur. Studi pada anak-anak menunjukkan bahwa minum lebih banyak air meningkatkan kemampuan mereka untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan baik. Pastikan otak Anda tidak dehidrasi di pagi hari.

2. Baca ringkasan buku selama sarapan

Membaca buku merupakan cara yang baik untuk melatih otak. Begitu juga sarapan yang dapat menutrisi tubuh hingga otak. Bacalah ringkasan buku sambil sarapan untuk menjaga kecerdasan otak.

3. Dengarkan audio yang membangkitkan semangat selama perjalanan

Bahkan jika Anda menghabiskan hanya 10 menit pada saat Anda bersepeda, memuat ponsel Anda dengan intelektual audio yang membangkitkan semangat dan mencerdaskan otak.

4. Minum teh hijau saat bekerja

Teh hijau mengandung asam amino yang dapat meningkatkan stimulasi gelombang otak alpha pada otak. Kualitas tinggi teh hijau dapat membuat pikiran tetap fokus tanpa rasa kantuk. Teh hijau juga dapat membantu relaksasi tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Usahakan untuk bisa tidur pada siang hari

Tidur siang membantu menyegarkan pikiran Anda. Tidur siang juga dapat meningkatkan kemampuan dan kecepatan pada otak dalam belajar. Umumnya manusia akan merasa lebih mengantuk pada siang hingga sore hari. Ini adalah waktu yang tepat untuk tidur siang, dan dapat meningkatkan kewaspadaan, kecerdasan dan produktivitas.

6. Jangan makan gula siang hari

Gula tidak dapat mengganggu kecerdasan otak. Cobalah untuk mengganti asupan gula saat makan siang protein tinggi yang seperti ikan atau telur yang dapat mencerdaskan otak.

7. Bermain game bukan menonton film

Menonton tv adalah kegiatan pasif. Otak Anda mengkonsumsi informasi, tetapi tidak memproses atau berinteraksi dengan itu. Lengkapi hiburan yang mengasah kecerdasan otak dengan game. Bahkan permainan game sederhana memiliki dampak baik bagi plastisitas otak (fleksibilitas).

8. Baca buku

Mirip dengan bermain game, membaca buku adalah latihan aktif untuk otak. Membaca buku akan memicu otak Anda secara aktif.

9. Lakukan beberapa olahraga sederhana pada siang hari

Kebugaran fisik akan membantu kerja fungsi otak dengan baik. Anda tidak harus pergi ke gym setiap hari, cukup lakukan beberapa push-up, jogging, jalan di tempat, atau naik turun beberapa anak tangga setiap hari sudah memiliki dampak positif yang besar. Lakukan peregangan sedikit untuk melemaskan semua otot selama 5-10 detik di kantor setiap sore.

10. Luangkan waktu dengan seseorang yang lebih pintar dari Anda

Kebiasaan secara sosial bisa menular. Kebiasaan dan pola pemikiran orang-orang yang positif dan membuat kita menjadi lebih cerdas. Membuka diri dengan orang-orang yang lebih pintar akan menambah kecerdasan Anda.

11. Berbicara dengan orang-orang yang tidak setuju dengan Anda

Coba berdiskusi dengan orang-orang yang tidak setuju dengan Anda tentang topik apa saja. Berdebat dengan mereka memungkinkan Anda untuk mengasah kecerdasan otak.

12. Pergi untuk berjalan-jalan di alam terbuka

Berjalan melalui alam memiliki sejumlah manfaat, selain ada lebih banyak oksigen segar yang dapat Anda hirup, pikiran manusia akan menjadi lebih tenang ketika dikelilingi oleh tanaman.

13. Membawa buku catatan

Memiliki sebuah buku catatan kecil akan dapat membantu Anda menuliskan hal-hal menarik yang bisa membantu Anda berpikir. Dengan mencatat, pikiran juga akan lebih terlatih untuk mencatat segala sesuatunya.

14. Ambil 10 menit setiap hari untuk merencanakan jadwal esok hari.

Dengan melakukan perencanaan untuk besok hari Anda dapat bekerja lebih fokus dan produktif. Banyak orang yang sibuk sepanjang hari, tetapi tidak benar-benar produktif. Dengan jadwal yang tertata dengan baik, Anda dapat bekerja dengan cerdas.

Source : Liputan6

Previous articlePanduan Cepat Bersihkan Rumah Sebelum Liburan
Next article5 Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari Yang Jarang Diketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.