Home Technology and Tips Enam Cara Kreatif Manfaatkan Koran Bekas

Enam Cara Kreatif Manfaatkan Koran Bekas

1342
0

Bingung tumpukan koran bekas mau diapakan? Jangan buru-buru menjualnya. Sebab, kertas koran bekas bisa Anda manfaatkan untuk berbagai macam hal.

Dilansir situs Allwomenstalk, berikut ini berbagai macam hal yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kertas koran bekas.

1. Kerajinan tangan (craft)

Jika Anda memiliki anak, ajaklah si kecil untuk berkreasi menggunakan koran bekas. Surat kabar edisi lama atau koran bekas bisa Anda manfaatkan untuk membuat berbagai kerajinan tangan, dari yang sederhana seperti topi kertas sampai yang agak rumit seperti paper mache. Anda sendiri juga bisa berkreasi dengan kertas koran, misalnya membuat tas kado.

2. Alat berkebun

Kertas koran dapat dimanfaatkan juga sebagai alat berkebun dalam berbagai cara. Untuk tanaman pot dalam ruangan, taruh kertas koran yang sudah disobek-sobek di dasar pot. Hal ini untuk mencegah pengeringan air yang berlebihan dan menjaga agar tanaman tetap segar. Untuk tanaman di luar ruangan, gunakan kertas koran yang sudah disobek-sobek pada lahan tanah untuk mencegah gulma, baru kemudian bunganya ditanam. Kertas koran nantinya akan terurai sendiri secara alami.

3. Membersihkan jendela

Ingin kaca jendela bersih berkilau? Tak perlu buang-buang uang untuk beli sabun pembersih terbaru. Yang Anda butuhkan hanya beberapa lembar kertas koran dan cuka. Hancurkan kertas koran dan tuang cuka di atasnya. Kemudian bersihkan jendela seperti yang Anda biasa lakukan. Hasilnya dijamin tak akan mengecewakan.

4. Menjaga kebersihan hewan peliharaan

Untuk hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, Anda bisa melatih mereka agar tidak membuang kotoran di sembarang tempat. Salah satu caranya adalah membiasakan mereka buang kotoran di kertas koran yang sudah disiapkan. Menempatkan kertas koran di dasar sangkar burung juga membuat pembersihan kotoran lebih mudah.

5. Bahan bakar perapian

Stop kebiasaan menyalakan api pada tempat pembakaran atau perapian menggunakan bahan bakar yang bisa membahayakan keselamatan Anda dan sekitar. Menyalakan api untuk pembakaran akan lebih aman menggunakan kertas koran.

6. Menjaga kebersihan di dapur

Ada baiknya permukaan meja dapur dilapisi kertas koran agar lebih mudah dibersihkan. Kertas koran juga dapat digunakan untuk membersihkan tumpahan bahan makanan yang cukup sulit dibersihkan, seperti telur atau adonan kue yang tumpah.

Source : tempo.co

Previous articleKhasiat Terong yang Belum Banyak Diketahui
Next articleAnak Memiliki 8 Jenis Kepintaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.