Home Lifestyle 6 Hal Buruk yang Terjadi Jika Anda Tidur Terlalu Lama

6 Hal Buruk yang Terjadi Jika Anda Tidur Terlalu Lama

536
0

Tidur yang berkualitas memang sangat disarankan oleh dokter untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Tidur juga bisa membantu menurunkan risiko terkena diabetes, obesitas dan kematian dini.

Namun, dokter menganjurkan tidak tidur terlalu lama. Seperti dilansir Prevention, Minggu (4/9/2016), individu yang tidur lebih dari 10 jam per hari biasanya memiliki masalah kesehatan yang lebih banyak dibanding mereka yang tidur tujuh hingga delapan jam sehari.

Apa saja masalah kesehatan yang mengintai Anda jika tidur di atas delapan jam sehari?

1. Risiko tinggi terkena penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab nomor satu kematian di Amerika Serikat. Tidur lebih dari delapan jam setiap malam meningkatkan peluang Anda untuk mengalami kematian hingga 34 persen.

2. Bermasalah dengan berat badan

Banyak studi menunjukkan orang yang tidak tidur cukup cenderung lebih gemuk. Namun, ada juga hubungan antara kelebihan waktu tidur dengan obesitas.

Teorinya, terlalu banyak tidur secara otomatis membuat tubuh kurang aktif bergerak sehingga kalori yang terbakar pun akan lebih sedikit.

3. Diabetes

Terlalu banyak tidur dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Glukosa darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Tentu saja, obesitas menjadi salah satu faktor menderita diabetes.

4. Kurang konsentrasi

Tidur terlalu lama dapat membuat otak bekerja tidak maksimal sehingga Anda kesulitan untuk melakukan tugas sehari-hari. Tidur lama cenderung memiliki masalah fungsi dasar mental pada otak.

5. Risiko kematian dini

Studi epidemiologi skala besar menunjukkan bahwa orang yang tidur lebih dari delapan jam berisiko alami kematian dini. Peradangan adalah salah satu penyebabnya.

6. Depresi

Tidur dan depresi saling berkaitan erat. Beberapa orang yang tidur dalam waktu cukup lama kemungkinan besar mengalami depresi yang parah.

Source : Liputan6
Link Gambar : trendilmu.com

Previous articleIni Alasannya Mengapa Anda Selalu Merasa Lelah
Next articleBukan Cuaca Atau Alergi, Ini Sebenarnya Alasan Utama Sakit Flu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.