Home Lifestyle 7 Hal di Pagi Hari demi Dapatkan Tidur Malam Berkualitas

7 Hal di Pagi Hari demi Dapatkan Tidur Malam Berkualitas

650
0

Sulit tidur bisa dialami oleh siapa saja. Cemas dan depresi merupakan dua penyebab umum dari orang yang sulit tidur (insomnia). Namun, bisa juga karena masalah emosional dan psikologi seperti stres, marah, dan trauma.

Padahal, mendapat tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Untuk membantu Anda lebih mudah tertidur di malam hari, di bawah ini adalah tujuh hal yang dapat membantu Anda, seperti dilansir dari Purewow, Jumat (2/12/2016):

1. Bangun di waktu yang sama setiap hari

Tujuannya untuk membuat siklus tidur-bangun Anda dapat diprediksi dan menstabilkan ritme sirkadian, sehingga Anda akan merasa lelah pada waktu yang sama setiap malamnya.

2. Dapatkan sinar matahari

Cahaya alami memainkan peran besar dalam siklus tidur Anda karena dapat membantu menyeimbangkan jam internal tubuh Anda.

Waktu terbaik untuk mendapatkan sinar matahari adalah di antara pukul enam dan setengah sembilan pagi karena di waktu ini tubuh Anda sangat responsif.

Jadi, jangan lupa untuk membuka tirai jendela dan menikmati sinar matahari pagi sambil mungkin menyeruput segelas kopi.

3. Minum air putih secara teratur

Minum banyak air putih sepanjang hari memang sangat penting. Hal ini dapat membuat tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik.

Namun, setelah pukul 09.30 malam, lebih baik kurangi. Karena jika terlalu banyak minum air putih, Anda bisa terbangun beberapa kali untuk buang air kecil, yang pastinya hal ini akan mengganggu siklus tidur Anda.

4. Luangkan waktu untuk meditasi

Saat sedang melakukan rutinitas harian Anda, coba luangkan waktu sekitar sepuluh menit untuk melakukan meditasi. Hal ini akan menjernihkan pikiran dan dapat membuat Anda jadi lebih mudah tertidur saat malam hari.

5. Olahraga

Walaupun Anda hanya bisa melakukan 20 menit olahraga jalan cepat saat waktu istirahat makan siang, hal ini juga bisa bermanfaat bagi tubuh Anda.

Bergerak akan membuat otot lelah, sehingga rasa gelisah ketika akan tidur malam harinya, kurang mungkin terjadi.

6. Hindari kafein

Meski Anda menganggap bahwa tubuh Anda memiliki toleransi yang tinggi, tapi tidak mengonsumsi kafein setelah jam dua siang (atau setidaknya enam jam sebelum tidur), adalah cara cerdas jika Anda tidak ingin mengalami sulit tidur saat malam hari.

7. Buat daftar apa saja yang perlu dikerjakan esok pagi, lalu abaikan

Gunakan selembar kertas atau aplikasi di gadget Anda untuk mengatur daftar tentang apa saja yang harus Anda lakukan esok hari. Lalu abaikan daftar tersebut saat Anda akan pergi tidur, dengan begini Anda akan bisa tidur lelap karena Anda sudah merencanakan apa saja kegiatan yang harus dilakukan besok.

Source : Liputan6
Ilustrasi Gambar : blogkhususdoa.com

Previous articleJika Ingin Dapatkan Kekasih Sehidup Semati, Ubah 5 Pemikiran Anda
Next articleNoda Jerawat Bisa Hilang dengan Masker Lada Hitam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.