Home Lifestyle 6 Kebiasaan Sehat yang Bisa Dikerjakan Hanya 1 Menit

6 Kebiasaan Sehat yang Bisa Dikerjakan Hanya 1 Menit

601
0

Banyak kebiasaan sehat yang bisa Anda lakukan selama satu menit atau bahkan kurang. Selama ini, banyak orang yang sakit, karena mereka selalu berpikir menjalani pola hidup sehat butuh waktu yang lama.

Dr Aditi Nerurkar dari Kedokteran Integratif di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, mengatakan, ada enam kebiasaan sehat yang bisa Anda lakukan hanya satu menit :

1. Mencopot sepatu ketika akan masuk rumah

Kebiasaan satu ini dimaksudkan untuk menjaga kebersihan rumah Anda. Selain itu, mencopot sepatu ketika akan masuk rumah, akan membebaskan tempat tinggal kita dari polutan, kotoran, batu, bahan kimia, atau segala sesuatu yang terbawa di sepatu Anda sepanjang hari.

Selain itu, meninggalkan sepatu di luar pintu rumah juga membantu Anda meninggalkan rasa stres akibat pekerjaan, dan merupakan tanda bahwa Anda telah pulang ke rumah.

2. Sikat lidah Anda

Mencegah gigi keropos dan penyakit gusi dengan menyikat gigi secara teratur memang penting, tetapi menyikat lidah Anda adalah langkah penting lainnya untuk lebih menjaga kebersihan mulut secara keseluruhan. Karena jika lidah tidak bersih, mereka bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri dan kuman lainnya yang bisa menyebabkan napas bau.

3. Bersin ke lengan Anda

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, bila Anda tidak memiliki tisu atau sapu tangan untuk menutupi hidung dan mulut Anda ketika ingin bersin, yang terbaik adalah gunakan bagian dalam siku Anda.

Hal ini baik dlakukan agar Anda tidak menggunakan tangan Anda yang belum tentu bersih, dan juga mencegah Anda menyebarkan kuman ke berbagai permukaan lainnya lewat tangan Anda yang sudah terkontaminasi kuman. Selain itu, bersin dengan menggunakan siku bagian dalam, juga mencegah kuman menyebar ke udara di sekitar Anda, sehingga orang lain tidak tertular

4. Berikan rasa pada air putih Anda

Jika tampaknya minum air putih itu membosankan, coba masukkan bebeberapa potongan lemon, jeruk nipis atau jeruk ke dalamnya. Bisa juga dengan menambahkan berbagai warna dan rasa dengan memeras buah stroberi atau rasberi ke dalam air putih tersebut. Hal ini akan membuat Anda minum air lebih banyak.

5. Istirahatkan mata Anda sejenak

Banyak pekerja dan pelajar yang menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar komputer, dimana kombinasi dari cahaya komputer, postur tubuh yang buruk, dan pencahayaan yang buruk, dapat memicu ketegangan mata dan sakit kepala. Biasanya dikenal sebagai “sindrom penglihatan komputer”.

Untuk melinungi mata Anda sehari-hari, ahli kesehatan mata menyarankan untuk melakukan “aturan 20-20-20”, yaitu setiap 20 menit Anda habiskan melihat koputer, coba lihat seuatu yang terletak sekitar 20 kaki dari tempat Anda berada, dan lihat selama 20 menit.

Selain itu, merupakan ide yang bagus untuk berdiri sebentar dan melakukan peregangan, terutama jika Anda banyak duduk sepanjang hari. “Peregangan mempromosikan aliran darah yang akan menyegarkan tubuh dan pikiran,” ujar Nerurkar.

6. Masukkan sponge cuci piring dalam microwave

Spons yang digunakan untuk mencuci piring pastinya sudah sangat sering dipakai untuk mengelap berbagai zat, seperti minyak, darah dari daging mentah yang baru dipotong, dan sebagainya. Sehingga jika tidak dibersihkan, spons tersebut bisa menjadi tempat sempurna bagi bakteri, jamur, dan lumut untuk berkembang biak.

Untuk menghentikan penyebaran kuman dan pertumbuhan mereka, Centers for Disease Control and Prevention menyarankan untuk membasahi spons dan letakkan dalam microwave selama 30 detik setiap malam. Biasakan hal ini agar Anda terbiasa menjalani kebiasaan sehat.

Source : Liputan6
Ilustrasi Gambar : viva.co.id

Previous articleNoda Jerawat Bisa Hilang dengan Masker Lada Hitam
Next articleLangkah Sederhana Turunkan Kolesterol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.