Home Technology and Tips Cara Mudah Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar pada Motor

Cara Mudah Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar pada Motor

729
0

Masuki tahun baru ada saja hal yang ingin kita ubah ke arah lebih baik, entah itu soal pekerjaan, menabung untuk menuju pelaminan, atau keinginan memiliki barang-barang baru. Untuk dua urusan terakhir menabung ialah satu-satunya solusi. Banyak cara untuk menabung salah satunya dengan menghemat pengeluaran BBM untuk sarana transportasi.

Supaya motor menjadi irit ada banyak hal yang kelihatan sepele seringkali diabaikan tapi amat berefek pada penghematan penggunaan BBM.

1. Pastikan selalu angin di ban motor terisi penuh

Banyak yang belum tahu kalau memastikan angin dalam ban terisi penuh bisa menghemat penggunaan BBM. Kok bisa? Pasalnya angin yang kurang atau tidak terisi maksimal menyebabkan penampang ban yang bersentuhan dengan aspal makin lebar. Imbasnya, motor harus mengeluarkan tenaga lebih besar dan itu artinya BBM yang “diminum” juga makin banyak.

2. Rutin ganti oli

Masih banyak dari kita yang masih ogah-ogahan mengganti oli mesin karena beranggapan yang penting motor masih bisa dijalankan. Selain bisa membuat mesin rusak, pemakaian bensin juga makin boros. Daya lumas oli yang baik atau rutin diganti akan membuat putaran mesin menjadi ringan, pemakaian bensin pun akan lebih irit.

3. Pastikan performa busi

Busi berusia uzur hasilkan pembakaran yang tak sempurna, kalau sudah begitu busi kurang optimal mengkonversi bensin menjadi energi dengan maksimal. Motor pun butuh lebih banyak bensin untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan motor untuk bergerak.

Source : Liputan6
Ilustrasi Gaambar : www.kaskus.co.id

Previous article3 Alasan Mengapa Om Telolet Om Mendunia
Next article5 Manfaat Baik dari Air Kelapa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.