Home Lifestyle Meski Salah, Cara Menabung Seperti Ini Sering Kita Lakukan

Meski Salah, Cara Menabung Seperti Ini Sering Kita Lakukan

623
0

Susah payah menabung tapi hasilnya tidak kunjung bertambah? Tenang saja, Anda tidak sendirian. Mungkin ada yang salah dengan cara menabung Anda.

Ada banyak cara mudah untuk mengganti kebiasaan buruk Anda soal menabung. Dengan menjalankan strategi berikut, Anda akan terkejut dengan begitu cepatnya tabungan bertambah.

Apa saja? Simak ulasannya berikut ini :

Kesalahan: Punya target terlalu tinggi tanpa adaptasi

Ketika berencana menabung, Anda pasti berpikir untuk memangkas segala pengeluaran. Cara ini memang sepertinya masuk akal. Anda memangkas biaya-biaya yang tidak diperlukan lalu menaruhnya di tabungan.

Sempurna bukan? Namun cara ini bisa menggagalkan sebagian orang dalam menabung.

Sama halnya dengan diet, menabung juga butuh penyesuaian. Kalau terlalu memasang target tinggi, bisa-bisa Anda frustrasi dan mudah menyerah. Misalnya ketika Anda menyetop semua biaya minum kopi di kafe, Anda mungkin merasa sengsara. Akhirnya tekad menabung pun goyah karena tidak terbiasa.

Cara menabung yang benar: Realistis

Lebih mudah menargetkan jumlah yang ditabung sehari daripada seminggu. Misalnya Anda hanya perlu menyisihkan Rp 10.000 sehari daripada pasang target Rp 100.000 per minggu. Buat target realistis dan disesuaikan dengan kondisi Anda.

Kesalahan: Memangkas anggaran beraktivitas dan bersosialisasi

Anda mungkin berpikir cara agar tabungan cepat bertambah adalah dengan memangkas semua aktivitas yang menyenangkan. Misalnya nongkrong di kafe, nonton bioskop, atau makan bersama teman-teman.

Risikonya, hiburan jadi berkurang dan Anda merasa terisolasi. Padahal Anda masih tetap bisa menabung sambil bersenang-senang.

Cara menabung yang benar: Cari cara murah, murah untuk bersosialisasi

Daripada memangkas semua pengeluaran untuk bersosialiasi, cobalah mencari alternatif cara yang lebih murah. Misalnya daripada makan di luar, undang teman untuk memasak bersama di rumah dan patungan membeli bahan-bahan. Kalau Anda rutin ke bioskop seminggu sekali, pangkas jadi hanya dua minggu sekali.

Olahraga bersama juga menjadi cara mudah untuk bersosialisasi. Misalnya lari pagi bersama teman, melakukan yoga dengan tutorial Youtube, dan sebagainya.

Kesalahan: Memangkas pengeluaran

Banyak orang menabung dengan cara memangkas pengeluaran saja. Tapi daripada stres karena harus bertahan dengan uang yang sedikit, gunakan energi Anda untuk menambah penghasilan.

Karena ketika budget semakin ketat, Anda akan semakin dibatasi. Otak Anda akan selalu berpikir, “Aku tidak punya uang.”

Cara menabung yang benar: Menambah penghasilan

Berbisnis kecil-kecilan dapat membantu Anda menambah penghasilan. Anda tidak perlu memangkas pengeluaran, tetapi keuntungan bisnis inilah yang bisa Anda tabung

Kesalahan: Tidak perlu membawa uang tunai sehingga tidak akan tergoda untuk menghabiskannya.

Membawa uang tunai sama dengan boros. Pola pikir ini memang tidak sepenuhnya salah. Tapi kalau Anda tetap membawa kartu kredit dan kartu debit, tetap saja Anda akan tergoda untuk belanja. Justru pengeluaran kartu kredit dan karti debit ini sulit terkontrol.

Cara menabung yang benar:

Alokasikan anggaran harian dan belanjalah dengan membawa uang tunai secukupnya. Ketika uang tunai di dompet sudah habis, makan Anda dilarang belanja lagi.

Tentu saja menggunakan kartu kredit juga ada untungnya terutama bagi orang yang pandai mengatur pengeluaran. Selain bisa mendapatkan diskon (yang artinya belanja Anda bisa semakin murah), Anda juga bisa mendapatkan poin reward, serta membangun riwayat kredit.

Source : Liputan6

Previous articleOm Telolet Om dan Kampanye Kebahagiaan Internasional
Next articleIngin Berhenti Merokok? Konsumsi 7 Makanan Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.