Home Lifestyle 3 Alasan Rasa Kantuk Muncul Usai Makan Siang

3 Alasan Rasa Kantuk Muncul Usai Makan Siang

570
0

Mengantuk setelah makan siang dapat menyerang siapa saja. Ada yang bilang penyebab munculnya rasa kantuk usai makan siang karena terlalu banyak makan nasi. Benarkah seperti itu?

Nasi memang tinggi kandungan gula, tapi tubuh pun butuh asupan gula untuk beraktivitas. Daripada menerka apa penyebabnya, dr Irma Rismayanty dari Klik Dokter memaparkan alasan orang jadi mudah mengantuk selesai makan siang.

1. Hormon insulin, serotonin, dan melatonin meningkat

Kadar gula di dalam pembuluh darah meningkat jika Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan protein. Proses ini membuat pankreas mengeluarkan insulin untuk memecah gula agar dapat digunakan oleh sel-sel yang ada di dalam tubuh.

Menurut Irma, meningkatnya produksi hormon insulin ini yang menyebabkan asam amino tryptophan pindah ke otak. Otak pun akan memproduksi serotonin dan melatonin yang merupakan hormon penyebab munculnya rasa kantuk.

2. Meningkatnya proses metabolisme tubuh

Selain menyebabkan otak memproduksi serotonin dan melatonin, makanan tinggi karbohidrat, protein, dan lemak juga menyebabkan tubuh kita bekerja lebih berat dalam mengolah makanan.

Membuat pembuluh darah lebih fokus untuk bekerja di bagian perut dibanding di otak. Kondisi ini yang akhirnya menyebabkan kita mengantuk selesai makan siang.

3. Ada penyakit di dalam tubuh

Kalau rasa kantuk tetap muncul padahal Anda makan dalam porsi kecil, tidak mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, tinggi protein, dan bukan makanan cepat saji, kemungkinan besar ada penyakit yang sedang bersembunyi di tubuh Anda.

Bisa jadi mengantuk selesai makan siang yang Anda alami adalah gejala dari penyakit anemia, hipotiroid, diabetes, atau alergi makanan.

Previous articleBeda suasana hati, beda pula tehnya
Next articleMengasah bahasa Inggris pas-pasan demi karier

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.