Home Lifestyle Mengapa sup dapat melindungi Anda dari flu

Mengapa sup dapat melindungi Anda dari flu

605
0

Gagasan bahwa sup hangat mampu meringankan gejala pilek sebenarnya telah ada sejak abad ke 12. Hingga sekarang, banyak sudah penelitian yang membuktikan manfaat sup–terutama sup ayam– untuk meredakan pilek, flu, sakit tenggorokan, dan batuk.

Meskipun bukan sebagai pengganti pengobatan medis, sup ayam bisa dijadikan obat rumahan yang sangat efektif melindungi Anda dari flu. Mengapa demikian? Berikut alasannya kami rangkum dari berbagai sumber.

Tinggi antioksidan

Sup ayam dapat mencegah sekaligus mengobati flu dan pilek secara alami. Ini karena kandungan asam amino alami yang disebut sistein. Salah satu turunannya, N-asetil sistein, sangat kaya antioksidan yang membantu memperkuat kekebalan tubuh.

Mengencerkan ingus dan lendir di paru-paru

Daily Mail melansir, pada 1978, Marvin Sackner melakukan penelitian pertama yang membuktikan bahwa sup ayam lebih efektif mengatasi hidung meler daripada minum air panas atau dingin. Tahun 1980, periset Irwin Ziment menindaklanjuti penelitian tersebut dan menemukan, kaldu ayam membantu mengencerkan lendir di paru-paru dengan efek yang lebih baik ketika sup dibumbui.

Melegakan pernapasan

Memakan sup yang dibuat cukup pedas hingga mata berair dan hidung meler, lebih efektif membantu paru-paru mengeluarkan lendir lewat batuk. Pada akhirnya, napas lega dan batuk reda. Ini berbeda dengan cara kerja kebanyakan obat-obatan yang (katanya) melegakan pernapasan, tapi gagal dan memicu batuk kering ketika efek obat berakhir.

Meningkatkan kerja sel darah putih

Periset Stephen Rennard menemukan, sup ayam mengurangi lendir di paru-paru dengan dibantu sel-sel darah putih. Menurutnya, sup ayam membatasi kerja neutrofil (sirkulasi sel darah putih) sehingga melawan infeksi virus lebih baik. Selain itu ia juga menyebutkan, sup ayam menjadi mujarab karena kombinasi sayur dan ayam di dalamnya.

Meningkatkan aliran darah dan menghidrasi tubuh

Dr. Kerry Peterson, seorang internis di New York, AS, mengatakan, semua sup kaldu hangat dapat membantu melegakan hidung mampat. Ini karena cairan panasnya melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah meningkat, dan ingus jadi lebih mudah keluar. Bukan hanya itu, sup kaldu juga terdiri dari air dan garam. Campuran keduanya berguna untuk menghidrasi tubuh, yang penting untuk memerangi infeksi.

Mengurangi peradangan dan nyeri sendi

Dr. Mercola, dokter osteopati terkenal di A.S menjelaskan, tulang ayam yang direbus hingga menghasilkan kaldu untuk dibuat sup dapat mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Ini karena kandungan kalsium, kondroitin, glukosamin, juga kalsium, magnesium, dan fosfor ikut larut dalam sup. Bukan itu saja, sup ayam juga menghambat infeksi virus, menyehatkan pencernaan, serta memberi efek menenangkan sehingga tidur lebih baik.

Meningkatkan energi tubuh

Kandungan protein tinggi dalam ayam tidak hilang saat dibuat sup. Pun jadi lebih mudah dicerna. Hasilnya, flu yang memicu lemas dapat teratasi dengan energi tambahan yang didapat ketika mengonsumsi sup ayam.

Cara lain atasi flu

Selain meredakan flu dengan sup, Dr. Petterson juga menyarankan untuk tidak bergantung pada obat-obatan medis. Terutama dengan tidak menggunakan antibiotik untuk meredakan flu dan pilek karena terbukti tidak mempan mengobati virus.

Sebaliknya, ia merekomendasikan menghirup air garam untuk meredakan sakit tenggorokan, banyak minum cairan untuk menghidrasi tubuh, sering cuci tangan, dan banyak istirahat agar lebih cepat pulih dari flu.

Source : Beritagar

Previous articleLakukan 5 Aktivitas Online Ini Biar Nggak Bosan Waktu Antri dan Menunggu
Next articleSarapan Telur Sehatkan Otak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.