Home Technology and Tips Cara cepat belajar bahasa asing melalui film

Cara cepat belajar bahasa asing melalui film

393
0

Pada era globalisasi menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, dapat membantu Anda dalam menghadapi persaingan di dunia karier, bisnis, menjalin pergaulan, dan bermanfaat bagi Anda yang hobi melancong keluar negeri.

Berdasarkan penelitian University of Chicago, Anda yang mempelajari bahasa lain dapat memahami situasi secara mendetail dan mampu menganilisa persoalan yang rumit. Selain itu dalam Journal of Experimental Child Psychology, anak yang mampu berbicara dalam dua bahasa memiliki kinerja memori lebih baik dibanding mereka yang hanya berbicara satu bahasa.

Saat ini banyak cara bagi Anda yang ingin mempelajari bahasa asing mulai dari kursus, membaca buku, mengunjungi situs daring, chatting, mendengarkan musik hingga menonton film. Berikut tip belajar bahasa asing melalui film yang bisa Anda terapkan.

Tonton film-film ringan

Jika Anda baru mulai belajar, cobalah menonton film ringan, seperti film anak-anak atau kartun karena bahasa yang digunakan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan lebih sederhana. Baru setelah lancar Anda bisa memilih film-film yang menggunakan bahasa asing yang lebih rumit.

Teks terjemahan

Pastikan film-film yang Anda tonton memiliki teks terjemahan (subtitle) berbahasa Indonesia dan subtitle bahasa asing yang Anda pelajari. Anda bisa menontonnya sebanyak dua kali, pertama menggunakan subtitle Indonesia agar tahu apa arti yang dibicarakan, kedua tonton dengan teks bahasa asing tersebut agar Anda mengetahui cara pelafalan dan penulisannya dengan benar.

Mendengarkan

Saat menonton coba dengarkan kata-kata asing yang sulit dan tidak Anda pahami. Kemudian, catat kata-kata tersebut bersama artinya kedalam catatan kecil yang bisa Anda bawa ke mana-pun untuk dipelajari.

Tonton berulang-ulang

Setelah menonton berulang kali film yang Anda sukai, pasti Anda akan semakin paham dan hafal cuplikan dialog dari para pemain. Cobalah untuk mengikuti perkataan dan lafalkan dialog tersebut, seolah-olah Anda adalah pemain atau penutur asli.

Video pengaliran (streaming)

Untuk belajar bahasa menggunakan film-film berkualitas kapan saja dan dimana saja, Anda bisa menggunakan layanan video streaming dari iflix. Iflix merupakan TV internet terkemuka di dunia yang menawarkan akses tanpa batas ke ribuan jam acara TV, film, dan masih banyak lagi.

Dengan langkah-langkah yang telah dijabarkan tersebut, Anda bisa memulai untuk belajar bahasa asing yang diminati tanpa harus pergi ke tempat kursus.

Source : beritagar.id

Previous articlePerubahan yang terjadi pada usia 30-an
Next articleTrik membuat otak lebih sabar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.