Home Technology and Tips 4 Langkah Mengatasi Kesedihan karena Kehilangan

4 Langkah Mengatasi Kesedihan karena Kehilangan

746
0

Kehilangan adalah hal yang sangat menyakitkan. Siapapun di dunia ini tentu tidak ingin mengalami dan merasakan pedihnya kehilangan, terutama kehilangan seseorang yang sangat dikasihi atau dicintai. Kehilangan bisa saja terjadi kapan saja di hidup Anda dan semuanya terjadi diluar rencana.

Kepergian seseorang karena meninggal dunia, pergi ke tempat yang jauh dalam waktu yang lama, atau memutuskan ikatan hubungan dengan Anda merupakan contoh-contoh kehilangan. Bagaimana mengatasi kesedihan karena kehilangan jika hal itu terjadi? Berikut adalah beberapa langkah mengatasi kesedihan karena kehilangan seperti dikutip dari magforwomen.com, Jumat (20/01/2017).

1. Terima keadaan

Yang pertama kali harus disadari dan dilakukan adalah menerima keadaan yang terjadi. Kepergian seseorang yang Anda kasihi memang menyakitkan, tetapi Anda harus bisa menerima keadaan yang memang sudah terjadi.

2. Ingat bahwa Anda tidak sendirian

Ingatlah bahwa Anda tidak pernah benar-benar sendirian. Anda memiliki orang-orang lain di sekitar yang mengasihi dan selalu siap saat suka dan duka.

3. Stabilkan perasaan Anda

Ada kalanya Anda perlu menarik diri sejenak dari segala rutinitas dan menepi ke sebuah tempat yang tenang dan teduh untuk mengistirahatkan pikiran dan perasaan Anda. Setelah Anda cukup berdamai dengan keadaan, Anda harus segera kembali ke kehidupan nyata. Life must go on!

4. Tetap berhubungan dengan orang-orang di sekeliling Anda

Jangan menutup diri paska kehilangan, pastikan Anda tetap berhubungan baik dengan orang-orang di sekeliling Anda. Hal ini juga dapat membantu untuk mengatasi rasa kesepian yang bisa saja melanda sewaktu-waktu.

(Odilia Hana Santoso)

Source : Liputan6

Previous articleSetiap Orang Punya Respons yang Berbeda terhadap Stres
Next articleAncaman Robot ‘Curi’ Pekerjaan Manusia Makin Mengkhawatirkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.