Home Technology and Tips Cara Mudah Mengembalikan Data yang Hilang Pada FlashDisk Korup

Cara Mudah Mengembalikan Data yang Hilang Pada FlashDisk Korup

967
0

Saat ini, kebutuhan mengenai laptop dan PC semakin meningkat. Ada yang menggunakannya untuk mengerjakan tugas kuliah, tugas kerja, bermain games, atau hanya sekedar browsing saja. Bahkan, tidak sedikit orang yang selalu membawa laptop kemana pun dia pergi hanya sekedar untuk berjaga-jaga jika suatu waktu dibutuhkan.

Pemakaian laptop ataupun PC lekat kaitannya dengan flashdisk. Ya, flashdisk sangat penting untuk digunakan sebagai pemindah data. Jika tidak ada flashdisk, bagaimana caranya saat kamu ingin mencetak satu dokumen ke tukang percetakan? Bisa saja, kamu dapat menggunakan email sebagai alternatif lain. Tetapi, pasti hal tersebut bakal ribet banget untuk kamu lakukan. Terus, ketika dalam keadaan genting ternyata flashdisk kamu korup, apa yang akan kamu lakukan?

Ya, banyak para pengguna flashdisk yang mengalami masalah seperti korup. Hal ini tentunya sangat menyebalkan, sebab jika data-data kamu belum memiliki copy file di PC atau laptop, dapat dipastikan file kamu yang berada di flashdisk akan hilang. Lalu, apa yang mesti kamu lakukan? Tenang, melalui artikel ini kami akan memberikan cara mudah mengembalikan data yang hilang pada flashdisk korup. Lihat secara seksama ya.

Pulihkan Flash Disk Kamu Menggunakan CMD!

Menggunakan CMD sangat ampuh untuk kamu coba. Kenapa? Pasalnya, menggunakan metode CMD dapat memulihkan flashdisk kamu agar dapat terbaca lagi dengan benar. Selain itu, file yang hilang juga bisa dikembalikan ke lokasi asal. Bagaimana caranya? Perhatikan langkah-langkah berikut ya.

– Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah, colok flashdisk kamu ke port yang tersedia, kemudian pilih menu Windows dan ketik CMD. Setelah itu, klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as administrator.

– Kemudian, kamu ketik chkdsk d: /f. Ingat, huruf “D” yang diketikkan merupakan penempatan flashdisk yang masuk ke dalam komputer kamu. Huruf pada drive bisa berbeda pada setiap komputer yang digunakan.

– Nah, setelah melakukan itu semua, maka kamu akan melihat proses verifikasi dimulai. Jika memang ada kesalahan pada flashdisk kamu, maka akan ada peringatan disana. Kamu hanya perlu memasukkan huruf “Y” tanpa kutip dan tekan Enter. Kamu akan lihat hal ini dalam jendela perintah.

Jika sudah selesai, maka kamu bisa membuka kembali flashdisk kamu yang sebelumnya bermasalah. Dalam percobaan yang dilakukan, flashdisk yang kami gunakan tidak mengalami masalah korup ataupun masalah lainnya. Namun, jika memang flashdisk tersebut bermasalah, maka data yang dipulihkan akan masuk ke dalam folder Lost.dir pada flashdisk yang kamu perbaiki. Bagaimana, cara untuk mengembalikan data yang hilang pada flashdisk korup yang mudah, bukan? Masih ada satu cara lagi loh guys.

Gunakan Software EaseUS Data Recovery!

EaseUS Data Recovery merupakan salah satu software ampuh yang bisa mengembalikan data yang hilang pada flashdisk korup. Tidak hanya flashdisk, segala bentuk model penyimpanan seperti SSD card, SD card, CF card, hardisk eksternal, dan lain sebagainya dapat dipulihkan melalui perangkat lunak satu ini. Tidak hanya korup, EaseUS Data Recovery juga bisa mengembalikan data yang hilang akibat format dan terhapus.

– Pertama, kamu download terlebih dahulu EaseUS Data Recovery Wizard di situs terpercaya seperti pada Bagas31.com.

– Kemudian, setelah berhasil men-download dan install, buka software tersebut. Pilih bentuk file apa yang ingin kamu kembalikan, centang pilihanmu dan pilih Next. Kali ini, kami ingin mengembalikan data video saja.

– Pilih drive sesuai dengan lokasi flashdisk kamu yang korup, terus klik Scan.

– Setelah itu, akan muncul beragam file. Nah, pilih file yang ingin dipulihkan, dan klik Recover.

– Lalu pilih lokasi untuk pengembalian data. Kemudian, selesai sudah, file kamu akan terselamatkan.

Apakah masih ada yang tidak mengerti dari penjelasan yang kami berikan? Atau, kamu mempunyai cara mudah mengembalikan data yang hilang pada flashdisk korup lainnya yang lebih baik? Tuliskan pendapat dan pengalaman kamu melalui kolom komentar di bawah ya.

Source : Jalan Tikus

Previous articleNggak Pake Capek! Ini 5 Cara Hasilkan Uang Dengan Mengetik
Next articleMengapa orang tidak pernah bosan makan nasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.