Home Technology and Tips Jangan Biarkan Baterai Smartphone Kamu Sampai 0%, Ini Alasannya!

Jangan Biarkan Baterai Smartphone Kamu Sampai 0%, Ini Alasannya!

688
0

Sebagai pengguna smartphone baik Android atau iPhone sekalipun, kamu pastinya sering banget membiarkan smartphone kamu itu lowbat sampai 0%. Padahal, ada efek negatif kalau kamu sering melakukan itu terhadap ponsel.

Melalui artikel ini, kami akan memberikan beberapa alasan kenapa kamu dilarang untuk membiarkan baterai smartphone sampai 0%. Memang ada apa sih? Ya kamu baca aja sih di bawah!

1. Memperpendek Umur Baterai

Sebagian besar smartphone saat ini sudah dibenamkan baterai dengan jenis Li-ion. Sebab, baterai dengan jenis seperti ini sebenarnya memiliki aturan kalau kamu harus mempertahankan daya baterai di persentase 50%. Meskipun di bawah itu, jangan jauh dari angka 50% lah.

Sebab, jika kamu secara terus-menerus melakukan ini, sama saja kamu mengizinkan baterai kamu berumur pendek. Jadi, lebih dirawat lagi ya.

2. Kalibrasi Berulang-ulang

Jika kamu ingin sekali mengisi ulang baterai kamu dari 0% sampai 100%, boleh sih cuma lebih baik kondisi seperti itu dibuat jarang saja. Bahkan, para ahli menyarankan kalau ingin melakukan hal tersebut, maksimal satu bulan sekali saja.

Sebab, hal ini akan membuat smartphone akan masuk tahap kalibrasi yang berulang-ulang. Sehingga, proses awal masuk smartphone itu akan sedikit lebih lambat.

3. Bisa Mati Total

Untuk kamu yang masih nggak ngerti soal baterai smartphone, salah satu hal yang wajib kamu lakukan adalah kamu tidak boleh membiarkan kondisi smartphone 10% itu dalam waktu yang lama. Sebab, ada dampak dan risiko yang fatal jika kamu sering melakukan itu.

Sebab, ketika kamu membiarkan hal itu terjadi, baterai bisa mati total. Kalau bukan tipe smartphone dengan baterai yang removable, bisa sedikit merasa aman. Jika non-removable, gimana ceritanya? Sebab, baterai akan menggunakan daya sekitar 5-10% dalam sebulan meski dalam keadaan mati.

Itu dia 3 alasan kenapa kamu dilarang untuk membiarkan baterai smartphone kamu sampai 0%. Jangan lupa, share pendapatmu!

Source : Jalan Tikus

Previous articleCatat, Ragam Kiat Mengenalkan Gadget Pada Anak
Next articleMinuman Paling Ampuh Untuk Meredakan Rasa Pedas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.