Home Lifestyle Etika Menonton Film di Bioskop

Etika Menonton Film di Bioskop

762
0

Layanan pengaliran video seperti Netflix, Hooq, Tribe dan Iflix memang mulai populer di Indonesia. Namun, orang yang menggemari menonton film di bioskop pun jumlahnya masih banyak. Ada beberapa alasan mengapa mereka masih suka datang ke gedung bioskop untuk menonton film.

“Ada suasana yang tidak bisa digantikan jika kita menonton film di bioskop dengan di Netflix. Nonton di bioskop itu menjadi salah satu cara untuk bersosialisasi, dan itu tidak bisa didapat dari Netflix yang bersifat lebih personal,” ujar Salman Aristo, sutradara, penulis serta produser film kepada Selular.ID.

Sayangnya, banyak orang yang tetap belum memahami etiket menonton film di bioskop. Padahal, menonton film bersama-sama dengan orang banyak memerlukan aturan agar suasana nyaman dan tertib.

Beberapa etiket menonton film di bioskop yang seharusnya tidak boleh dilanggar oleh semua orang adalah:

1. Jangan terlambat masuk ke dalam ruang pemutaran film . Datanglah ke bioskop paling tidak 5 menit sebelum film diputar. Itu dengan catatan Anda sudah memperoleh tiket menonton film yang diinginkan. Terlambat datang ke bioskop setelah film diputar akan mengganggu kenyamanan orang lain yang sedang duduk menikmati film.

2. Jangan mengaktifkan gawai selama film diputar. Suara dering telepon, menjawab panggilan telepon, suara notifikasi pesan, membalas pesan singkat ketika film sedang diputar dianggap sebagai kelakuan yang tidak sopan. Pastikan Anda menonaktifkan gawai Anda atau jika memungkinkan mematikannya agar Anda tidak mengganggu kenikmatan penonton lainnya.

3. Perhatikan makanan yang Anda bawa masuk ke dalam bioskop. Suara kemresek bungkus kudapan yang sedang dibuka, suara mulut yang sedang mengunyah makanan dan suara Anda menyeruput minuman akan dengan mudah terdengar saat film diputar. Apalagi saat Anda menonton film drama. Bukalah bungkus kudapan di luar ruang pemutaran film, pelankan suara Anda mengunyah makanan, dan hilangkan suara Anda menyeruput soda agar Anda tampak bijak saat menonton film

4. Perhatikan kaki Anda ! Jangan sekali-kali meletakkan kaki di kursi yang ada di deretan depan tempat duduk Anda. Jangan pula meletakkan kaki di sela-sela kursi di depan Anda. Selain tidak sopan, meletakkan kaki di bangku depan saat menonton film juga tidak higienis dan menjijikkan.

5. Jangan menonton film di bioskop ketika Anda sedang sakit batuk parah. Suara bersin dan batuk Anda akan membuat seisi bioskop terganggu. Selain itu, batuk dan bersin juga akan menyebarkan virus kepada orang lain yang berdekatan.

6. Jangan mengajak bayi masuk ke dalam bioskop. Suara keras bioskop dan suasana gelap sangat tidak nyaman bagi bayi. Selain itu, jangan ajak anak kecil menonton film yang tidak sesuai dengan umurnya. Setiap film sudah diberi penanda kategori umur penonton sesuai dengan isi film.

7. Jangan mengobrol selama film diputar. Mengomentari adegan atau karakter film yang sedang diputar akan mengganggu kenyamanan orang lain. Anda masih boleh berteriak ketika menonton film yang menegangkan atau tertawa ketika menonton film komedi.

8. Jangan merekam dan mengambil gambar film yang sedang diputar. Selain menyalahi hak cipta, proses Anda merekam juga akan mengganggu kenyamanan orang lain.

9. Jangan terlalu sering bangkit dari tempat duduk untuk alasan apa pun. Panggilan alam untuk pergi ke toilet sekali dalam pemutaran film masih bisa dikatakan wajar. Namun lebih dari itu akan mengganggu orang lain.

10. Jangan bertepuk tangan di akhir pemutaran film . Meskipun Anda puas dengan kualitas film yang baru saja ditonton, tidak ada gunanya Anda bertepuk tangan setelah film selesai diputar. Sutradara film tidak akan tahu, pemeran utama pun tidak akan tahu bahwa Anda bertepuk tangan karena menyukai film itu.

Previous article6 Resep Pestisida Alami
Next articleApa Dan Bagaimana Praktik Mindfulness

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.