Home News Event #INIBALIKPAPAN, dari Kota Minyak untuk Indonesia

Event #INIBALIKPAPAN, dari Kota Minyak untuk Indonesia

655
0

AJANG ADU BAKAT SEKALIGUS KAMPANYE LAWAN HOAX

RANGKAIAN HUT ke-120 tahun Kota Balikpapan diisi dengan beragam agenda positif. Salah satu yang menyita perhatian warga kota, khususnya anak muda, adalah event #INIBALIKPAPAN V2.0, garapan Manajemen Balikpapan Lifestyle (BTL), yang puncaknya digelar Sabtu (11/2) malam kemarin, di Pasar Segar Balikpapan.

Event #INIBALIKPAPAN V2.0 adalah ajang yang dikemas untuk mereka yang punya potensi dan bakat, dari band, akustik, sampai tari tradisional dan modern. “Teman-teman muda butuh apresiasi dalam karyanya. Event ini adalah salah satu momentum untuk menyatukan karya mereka,” kata Ichal, Penanggung Jawab acara #INIBALIKPAPAN.

MANAJEMEN BALIKPAPAN LIFESTYLE (BTL): Ichal (ujung kanan) berfoto bersama dengan timnya selepas acara.

Event ini sudah kali kedua digelar. Tahun ini masuk sebagai salah satu agenda HUT Kota Balikpapan, di mana penyelenggaraannya makin sukses dan sarat pesan positif, karena panitia mengkolaborasikan eventnya dengan kampanye #BalikpapanAntiHoax yang digelar Polres Balikpapan.

KEANGGUNAN BUDAYA LOKAL: Meskipun sudah era modern, tari-tarian tradisional selalu ada di tiap event.

JALANNYA ACARA

Sejak pukul 7 malam, komplek pujasera ternama di Pasar Segar Balikpapan – tempat digelarnya acara, sudah ramai dikunjungi warga Balikpapan. Penampilan pembuka dari band akustik lokal Sleep Paralysis, mengentak pengunjung. Band yang tengah naik daun Correction Band (Band Rutan Balikpapan) juga ambil bagian mengisi acara ini.

BERANI TAMPIL: Event ini sekaligus menjadi ajang bagi muda-mudi Balikpapan untuk menunjukkan kebolehannya dalam bernyanyi, bermusik maupun menari.

Dari awal sampai akhir acara sekira pukul 23.15 WITA, antusiasme warga menyaksikan rangkaian acara ini tak surut. Cuaca juga cerah dan mendukung. Di tengah-tengah hadirin, juga hadir tamu istimewa, antara lain Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, SE, Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta, SH, S.IK, Tokoh Pariwisata yang juga Owner Restoran Dandito Rudy Setiawan dan jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah).

PENUH KECERIAAN: Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi (kiri) bersama dengan Dandim Kodam VI Mulawarman Kolonel Inf. Heri Setya Kusdiantana (tengah) kala berdendang bersama disambut sorakan meriah seluruh pengunjung.

Kehadiran para tokoh selain bentuk apresiasi pada anak muda di event #INIBALIKPAPAN V2.0, juga sebagai bentuk dukungan nyata dalam kampanye #BalikpapanAntiHoax – yang malam itu sekaligus diumumkan para juara kontes video program #BalikpapanAntiHoax yang diinisiasi Polres Balikpapan dan rangkaiannya digelar dua minggu sebelumnya.

Mengapa Hoax atau penyebaran berita palsu perlu diperangi? “Karena di era digital sekarang, hoax seperti wabah. Balikpapan ini masyarakatnya heterogen. Berbagai macam suku, agama dan budaya, jangan sampai dipecah dengan berita hoax, agar tetap damai dan bersatu,” sebut Rudy Setiawan Dandito. Dandito secara aktif ikut menjadi bagian dalam acara memerangi hoax, termasuk dengan menjadi salah satu sponsor utama.

DUKUNG GERAKAN ANTI HOAX: Rudy Setiawan Dandito (tengah) saat menghadiri event #IniBalikpapan V2.0.

MEDSOS UNTUK PEMERSATU, BUKAN PEMECAH

Pada pukul 21.45 WITA, acara beranjak ke pemutaran 10 video pendek yang menjadi nominasi terpilih. Tak lama, dewan juri menentukan video yang layak keluar sebagai Juara 1, 2, 3 dan Juara Favorit berdasarkan viewers terbanyak di postingan Instagram @polresbalikpapan.

Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta, SH, S.IK menilai, video para peserta yang ikut dalam kontes ini semuanya bagus. Ada lebih dari 100 video yang mengikuti kontes ini sebelum disaring menjadi 10 nominator pemenang. Sayangnya, dari jumlah tersebut, ada beberapa yang tidak mencantumkan hashtag #BalikpapanAntiHoax dan #BPN120 sebagai persyaratannya dan dianggap gugur.

“Videonya kreatif. Intinya bagus-bagus lah. Anak-anak muda kita hebat-hebat, luar biasa dan kita perlu apresiasi,” tuturnya.

Dari kontes video ini Kapolres berpesan agar jangan hanya melihat siapa yang menonton, tapi bagaimana video-video tersebut bisa viral. “Jadi kita viralkan ini. Supaya pesannya menyebar. Agar media sosial bukan digunakan sebagai pemecah persatuan, tapi sebagai alat pemersatu kebhinekaan,” harapnya.

Jeffri mengungkapkan, ke depannya Polres Balikpapan akan membuat event lain sesuai tajuk event #INIBALIKPAPAN – yakni, “dari Balikpapan untuk Indonesia”. Salah satunya, akan ada Senam Anti Hoax di Lapangan Merdeka setiap Minggu pagi. [hfd]

SEMANGAT PERANGI HOAX: Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juaniarta (kiri) bersama dengan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi terus berupaya mensosialisasikan Anti Hoax.

DAFTAR PEMENANG KONTES VIDEO

MUDA BERTALENTA: Salah satu nominator kontes video #BalikpapanAntiHoax saat menerima piagam dari Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Inf. Heri Setya Kusdiantana (kanan).

Pemenang Kontes Video #BalikpapanAntiHoax Polres Balikpapan

• Juara 1 : @wahyuaurora “Udah Bocor” – Rp 5.000.000,- + piagam
• Juara 2 : @pnjiaditya “Mari Berantas Hoax” – Rp 3.000.000,- + piagam
• Juara 3 : @bulahhaq “Berita Berantai” – Rp 2.000.000,- + piagam
• Juara Favorit : @nofyan_yudha “Ada Boraksnya” – Rp 3.000.000,- + piagam

Enam nominator mendapat hadiah hiburan uang tunai Rp 250.000,- dan piagam

– @alifaratu “Jangan Pernah Percaya Pesan Singkat”
– @andiravsanjani “Konspirasi Hoax”
– @kompastv.balikpapan “Teliti dan Dalami Sebelum Sebar Informasi”
– @donnkur “T-REX Hoax”
– @arif18666 “Hoax Dirancang”
– @haidir404 “Turn Back Hoax”

Previous article5 Kunci Sukses Jalani Program Mindfulness
Next articleBerbagi Kepada Sesama Mempengaruhi Kesehatan Fisik dan Mental

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.