Home Technology and Tips Tidur di Lantai Atasi Sakit Punggung

Tidur di Lantai Atasi Sakit Punggung

1067
0

Sakit punggung setelah bangun tidur? Anda mungkin merasakannya karena salah posisi tidur. Tubuh menjadi terasa kaku dan sakit di bagian punggung atau pinggang.

Tiga posisi tidur, seperti ditulis Onlymyhealth, bisa mengatasi rasa sakit pada punggung. Ketiga posisi tidur yang bisa dicoba itu adalah tidur miring, telentang, dan telungkup.

Sakit punggung yang terjadi saat bangun tidur bisa terjadi karena adanya ketidaksejajaran tulang belakang. Hal ini bisa mengakibatkan orang tidak memiliki postur tubuh yang sempurna.

Selain itu postur tubuh yang tidak sempurna juga sebabkan karena kegiatan sepanjang hari yang mengencangkan otot-otot punggung, misalnya duduk sepanjang hari di meja kerja. Akibatnya, orang akan merasa sakit saat tidur.

Orang biasanya berpikir bahwa memiliki kasur yang nyaman dan lembut adalah cara terbaik untuk mendukung tulang belakang. Namun, ternyata hal itu tidak selalu tepat.

Kompas melansir 7 pemicu sakit punggung salah satunya adalah alas tidur yang terlalu empuk dan melengkung di bagian tengah yang membuat struktur tulang berubah.

Untuk mengatasi sakit punggung, tidur lah di lantai. MD Health menyebutkan bahwa tidur di lantai seperti yang dilakukan orang Jepang ternyata bisa membantu Anda mengatasi sakit punggung.

Bahkan tidur di tanah terbukti sangat bermanfaat bagi punggung karena memberikan dukungan bagi tulang belakang dan membantu dalam menjaga punggung lurus saat berbaring.

Orang-orang yang telah mencoba tidur di lantai mengatakan mereka jauh lebih baik daripada sebelumnya setelah bangun tidur. Ternyata, berbaring telentang dengan alas yang lebih lembut daripada lantai tanpa bantal adalah cara yang ideal untuk tidur. Dengan cara ini tulang belakang akan tetap berada di posisi paling netral saat tidur.

Namun, Anda juga perlu memerhatikan beberapa hal ketika akan tidur di lantai. Usahakan memakai alas, seperti matras yang dipakai ketika berlatih yoga.

Lantai dengan karpet lebih baik daripada lantai ubin atau kayu. Pastikan lantai bersih dan ruangan tidak sempit. Posisi tidur telentang akan memberikan hasil yang maksimal.

Manfaat tidur di lantai, seperti dikutip Boldsky, tidak hanya membantu Anda mengatasi rasa sakit pada punggung.

Berikut ini keuntungan jika Anda sesekali tidur di lantai.

Mengurangi sakit badan

Cobalah sesekali tidur di lantai tidur tanpa bantal. Ini akan membantu menyelaraskan kepala, leher, tulang belakang, pinggul, dan seluruh tubuh.

Mengurangi sakit bahu

Cobalah tidur di lantai selama setidaknya 3 malam berturut-turut dalam sepekan untuk mengurangi rasa sakit pada bagian kepala, leher, tulang belakang, dan pinggul.

Mencegah nyeri punggung bawah

Beberapa ahli kesehatan berpendapat bahwa tulang belakang dapat tetap lurus dan menyesuaikan diri dengan baik di lantai. Para perempuan yang mengeluhkan nyeri pada punggung bawah juga disarankan untuk mencoba tidur di lantai.

Melancarkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang baik juga diperlukan untuk menjaga tubuh bugar dan aktif.

Mencegah insomnia

Insomnia merupakan gangguan tidur yang sering dialami banyak orang. Para ahli menyatakan bahwa tidur di lantai akan mengurangi gangguan tidur ini.

Relaksasi

Ketika tidur di lantai, tubuh benar-benar bisa bersantai. Cara ini, ternyata ampuh untuk menghilangkan stres. Dan tentu baik untuk kesehatan mental.

Source : Beritagar.id
Ilustrasi Gambar : petualangunik.blogspot.com

Previous articleCara Mudah Membuat Telur Mata Sapi Yang Sempurna
Next article14 Inovasi Keren Ini Bantu Kamu Atasi Persoalan di Kamar Mandi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.