Home Technology and Tips Cara Memasak Mi Instan yang Lebih Lezat

Cara Memasak Mi Instan yang Lebih Lezat

504
0

Menurut data World Instant Noodles Association, masyarakat Indonesia memang terbukti sangat menyukai mi instan. Sebanyak 14,9 miliar bungkus mi instan dikonsumsi sepanjang 2013. Itu artinya, secara rata-rata setiap orang Indonesia mengonsumsi sekitar 60-61 bungkus atau 1,5 dus mi instan pada tahun tersebut.

Kegemaran orang Indonesia makan mi instan mungkin karena rasanya yang gurih dan lezat. Meski demikian, menurut Susan STP, MSC, selaku Head of Nutrifood Research Center,mi instan sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering karena tidak menyehatkan.

Jadi, bagaimana cara memasak mi instan yang lebih lezat dengan tambahan asupan nutrisi yang berguna bagi tubuh?

1. Rebus mi instan lalu tiriskan

Salah satu kandungan mi intan yang perlu diwaspadai adalah kadar lemaknya yang tinggi. Mi instan, baik mi goreng atau mi rebus, dibuat melewati proses penggorengan sehingga mi menjadi lebih empuk dan cepat matang.

Nah, agar kandungan minyak dalam mi berkurang, rebuslah mi sampai matang, lalu tiriskan. Jangan gunakan lagi air rebusan tersebut sebagai kuah mi. Buang air bekas rebusan itu.

Agar minyak dalam mi instan berkurang secara maksimal, bilaslah mi yang sudah direbus itu dengan air matang sebelum ditiriskan.

2. Jangan gunakan minyak yang ada dalam bungkus

Minyak mi instan yang disertakan dalam bungkus mi lebih baik digantikan dengan minyak nabati baru tanpa bumbu apapun. Cara ini tidak akan mengurangi rasa gurih mi instan yang kita masak. Minyak pengganti jelas lebih sehat.

Anda juga bisa menggunakan mentega saat menumis sayuran. Gunakan minyak atau mentega secukupnya saja, jangan berlebihan.

3. Jangan gunakan seluruh bumbu yang ada dalam bungkus

Bumbu mi instan rata-rata mengandung 50-60 persen kebutuhan sodium bagi orang dewasa per hari. Padahal, selain makan mi instan, kita masih mengonsumsi makanan lain yang juga mengandung sodium.

Kurangi jumlah garam yang ada dalam satu bungkus mi instan. Caranya, gunakan hanya sebagian bumbu mi instan saja. Agar rasa mi tetap gurih, masukkan bawang putih dan bawang merah ketika menumis sayuran sebelum dicampurkan dengan mi yang sudah ditiriskan.

4. Lengkapi mi instan dengan sayuran, telur dan daging

Banyak orang yang mengonsumsi mi instan tanpa tambahan apapun. Selain rasa kenyang, tidak ada keuntungan yang didapat orang yang makan mi instan dengan cara ini.

Tambahkan sayuran seperti wortel, sawi hijau, tauge dan kol agar mi instan lebih bernutrisi. Sayuran adalah sumber vitamin, mineral yang baik bagi tubuh.

Tumis semua sayuran ini sebelum mi dimasukkan untuk dicampur mi yang sudah direbus. Telur, daging, bakso atau sosis juga bisa dimasukkan sebagai pelengkap rasa.

Jika menyukai rasa pedas, masukkan cabai segar. Cabai banyak mengandung vitamin C. Penggunaan saus cabai dalam kemasan tidak disarankan karena mengandung bahan kimia yang tidak baik bagi tubuh.

5. Campurkan mi instan ke dalam tumisan sayur

Campurkan mi instan yang ditiriskan ke dalam tumisan sayuran beserta pelengkap lainnya seperti telur, suwiran daging, bakso dan sosis. Lalu masukkan bumbu maksimal separuh saja. Tambahkan kecap jika Anda suka.

Jika Anda memasak mi rebus, siram mi yang sudah bercampur dengan sayuran itu dengan air atau kaldu tawar yang sudah mendidih. Setelah matang, mi siap dihidangkan.

Source : Beritagar.id

Previous article6 Cara Mendeteksi Orang Sedang Berbohong
Next articleIni yang Akan Terjadi Jika Anda Berhenti Keramas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.