Home Lifestyle 11 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki

11 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki

575
0

Berkembangnya peradaban manusia berpengaruh besar pada cara kita berjalan. Zaman nenek moyang kita dahulu, mereka terbiasa berjalan di atas tanah tanpa alas kaki. Kini, sangat jarang kita melihat orang berjalan tanpa alas kaki di jalan-jalan beraspal atau beton.

Ternyata banyak yang tidak menyadari bahwa berjalan tanpa alas kaki memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Karena itu, ketika kita mendapat kesempatan berjalan di daerah terbuka, cobalah melepas sepatu atau sandal dari kaki. Lalu, rasakan manfaatnya untuk tubuh.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 11 manfaat berjalan tanpa alas kaki:

1. Menjaga kesehatan kaki

Berjalan tanpa alas kaki adalah olahraga yang bagus untuk kaki Anda. Hal ini memperkuat dan meregangkan otot-otot, tendon dan ligamen di bagian pergelangan kaki dan betis. Hal tersebut juga membantu mencegah cedera, ketegangan lutut dan masalah punggung serta meningkatkan kekuatan fleksor dan bermanfaat bagi orang yang memiliki kaki datar.

Selain itu, berjalan tanpa alas kaki juga membantu menjaga postur tubuh Anda agar tetap tegak dan mengurangi risiko kapalan dan kekakuan pada telapak kaki Anda.

2. Meningkatkan kualitas tidur

PubMed mengungkap, “earthing” (berjalan tanpa alas kaki) memengaruhi proses fisiologis dan meningkatkan relaksasi. Journal of Alternative and Complementary Medicine juga melaporkan bahwa orang yang telah bersentuhan langsung dengan tanah memiliki kualitas tidur malam yang lebih baik dibandingkan yang tidak bertelanjang kaki secara berkala.

Berjalan tanpa alas kaki dipercaya bisa menstabilkan ritme sirkadian yang berdampak pada kualitas tidur malam menjadi lebih baik.

3. Meningkatkan mood dan meredakan stres

Berjalan tanpa alas kaki bisa membantu Anda mengurangi resiko kecemasan dan depresi. Saat berjalan di atas bebatuan, ada stimulasi dari otot kaki yang meredakan stres dan menyegarkan pikiran Anda dari berbagai hal-hal negatif. Jadi, selain baik untuk fisik, berjalan kaki juga bagus untuk pikiran Anda.

4. Menyembuhkan insomnia

Jika Anda menderita insomnia, cobalah berjalan di rerumputan atau tanah tanpa alas kaki, karena ini akan meminimalkan kadar kortisol dan dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Efek yang sama dapat dirasakan ketika Anda mencoba tidur di lantai.

5. Mempercepat proses penyembuhan tubuh

Berjalan tanpa alas kaki dikatakan dapat mempercepat proses penyembuhan dalam tubuh. Selain itu, mekanisme perbaikan jaringan tubuh juga bekerja dengan baik. Jadi, cobalah berjalan-jalan tanpa alas kaki dan nikmati manfaatnya.

6. Memperlancar aliran darah

Penyakit jantung kini menghantui banyak orang. Bagi penderitanya, jangan hanya berdiam diri di rumah saja. Coba jalan kaki di pagi hari tanpa menggunakan alas kaki. Cara ini dapat melancarkan aliran darah Anda, sehingga membuat hidup semakin berkualitas.

7. Menyeimbangkan energi dalam tubuh

Anda akan merasa damai karena energi yang seimbang ketika berjalan tanpa alas kaki. Kebanyakan dari kita tak menyadari, ketika kekuatan dalam seimbang, itu dapat membantu mengambil keputusan yang yang benar dan mengarahkan pada gaya hidup sehat.

8. Mengasah kepekaan

Berjalan tanpa alas kaki juga bisa mengasah kepekaan karena orang terus-menerus melihat medan, menghindari daerah kasar, dan membuat arah berkelok-kelok yang membuat otot bekerja hampir seperti menari. Dalam serangkaian analisis, peneliti menemukan bahwa bahkan pada permukaan keras, pelari bertelanjang kaki yang menjejakkan tanah ke depan menghasilkan benturan dengan permukaan tanah yang lebih kecil dibandingkan pelari yang menggunakan sepatu.

Pelari tanpa alas kaki juga memiliki langkah yang lebih lentur serta lebih efisien menggunakan betis dan otot kaki.

9. Detoksifikasi

Bumi atau tanah alami memiliki muatan ion negatif yang berperan dalam membuang racun dari dalam tubuh, mengurangi efek peradangan, sinkronisasi siklus hormonal dan irama fisiologis, juga memberikan efek menenangkan. Karena itu, jangan ragu untuk menanggalkan alas kaki saat bermain di pantai.

10. Membuat otot kaki lebih rileks

Pernahkah Anda merasakan kelelahan yang berlebihan pada kaki Anda saat mengenakan sepatu? Hal itu merupakan salah satu dari akibat ketidaksempurnaan bentuk sepatu bagi kaki Anda. Kelelahan terjadi karena otot-otot kaki yang bergerak tidak leluasa. Penggunaan sepatu dalam jangka waktu lama juga bisa membuat kaki Anda cedera. Berjalanlah bertelanjang kaki untuk membuat otot lebih rileks.

11. Membantu menurunkan berat badan

Dari sejumlah manfaat yang ada, berjalan kaki tentu dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Kegiatan berjalan kaki akan lebih menyenangkan ketika Anda melakukannya di atas rumput.

Source : beritagar.id

Previous article4 Trik Agar Terbebas Dari Rutinitas
Next articleLubang Pada Tutup Pulpen Sudah Menyelamatkan Banyak Nyawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.