Home Lifestyle 8 Cara Simpel Agar Rumah Bersih dan Rapi

8 Cara Simpel Agar Rumah Bersih dan Rapi

544
0

Bagi sebagian orang, membersihkan rumah bukan pekerjaan yang menyenangkan. Meski demikian, membersihkan rumah merupakan keharusan. Bersih-bersih tempat tinggal secara rutin akan berdampak positif bagi kesehatan fisik dan kejiwaan.

Hufiington Post menulis tentang penelitian yang dipimpin oleh Nicole Keith dari Department of Physical Activity, Indiana University, yang menyebutkan bahwa ada korelasi antara rumah bersih dan tingkat kesehatan.

Penelitian itu mengecek kesehatan fisik 998 responden berusia 49-65 orang dengan membandingkan tingkat aktivitas fisik, kebersihan rumah, dan risiko penyakit jantung. Hasilnya, responden yang memiliki rumah yang bersih ternyata memiliki aktivitas fisik paling aktif dan terjaga kesehatannya.

Membersihkan rumah setiap hari memang bisa membuat lelah. Tapi Anda bisa mengubahnya menjadi yang menyenangkan. Misalnya, membersihkan rumah sambil mendengarkan musik dan bernyanyi.

Anda juga disarankan untuk mengajak serta anggota keluarga untuk bertanggung jawab membersihkan rumah. Jadi Anda tidak akan merasa sendirian bersih-bersih.

Jika Anda merasa tidak memiliki cukup waktu untuk membersihkan rumah, ada solusinya. Situs Boldsky menyarankan agar Anda membiasakan diri, seperti ini:

Segera rapikan tempat tidur

Tidak sampai 5 menit untuk merapikan tempat tidur. Segera setelah Anda bangun tidur, rapikan seprai dan susun bantal dengan rapi. Mengawali hari dengan membersihkan kamar akan membantu rumah Anda terlihat rapi.

Ganti wadah bumbu

Jangan biarkan dapur berantakan dan kotor karena bumbu yang berserakan. Gantilah wadah bumbu. Tempatkan bumbu sesuai dengan jenis. Pilihlah wadah yang bening agar Anda mudah melihat. Pastikan wadah selalu dalam kondisi tertutup.

Letakkan sepatu di luar

Sepatu yang dipakai beraktivitas di luar ruangan mengandung kuman dan membawa aroma tidak sedap. Jadi sebaiknya letakkan sepatu pada rak penyimpanan. Anda juga bisa meletakkan sepatu di depan pintu.

Jangan tunda membuang sampah

Sampah yang menumpuk dalam keranjang sampah di dalam rumah akan menimbulkan aroma tidak sedap. Selain itu juga mengundang hewan pengerat. Bersihkan tempat sampah setidaknya seminggu sekali. Gunakan larutan cuka dan lemon.

Tinggalkan rumah dalam kondisi bersih

Kalau Anda hendak meninggalkan rumah dalam beberapa hari ke depan, sebaiknya bersihkan rumah terlebih dahulu. Sebab, ketika Anda kembali ke rumah dalam kondisi lelah, Anda tidak melihat kekacauan karena rumah yang berantakan dan membuat suasana hati tidak baik.

Setop menumpuk pakaian kotor

Maksimal Anda mencuci pakaian dua kali dalam sepekan. Pakaian kotor yang menumpuk akan menyebarkan bau tidak sedap.

Cuci piring setelah makan

Jangan pernah membiarkan perlengkapan makan setelah makan malam berada di tempat cucian piring. Piring, gelas, dan sendok yang dibiarkan semalaman akan mengundang hama dan serangga yang menyebabkan Anda jatuh sakit.

Kerja sama

Penting untuk ditanamkan bahwa menjaga kebersihan rumah adalah tanggung jawab seluruh anggota keluarga, bukan hanya tanggung jawab seseorang saja.

Anda bisa mulai membagikan tugas kepada anggota keluarga. Selain menghemat waktu, hal ini juga membuat setiap orang di dalam rumah bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan rumah.

Bila di rumah ada balita, cara dari Lifehack akan membantu Anda untuk bisa melakukan kegiatan bersih-bersih rumah.

Source : Beritagar.id

Previous articleAlasan Mengapa Ide Sering Muncul di Kamar Mandi
Next article4 Trik Agar Terbebas Dari Rutinitas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.