Home Lifestyle Pentingnya Makan Bersama Keluarga di Meja Makan

Pentingnya Makan Bersama Keluarga di Meja Makan

3311
0

Kapan terakhir Anda makan bersama pasangan dan anak di meja makan? Mungkin ada beberapa dari Anda yang menjawab akhir pekan lalu. Mungkin juga Anda baru menyadari makan bersama keluarga terakhir kali saat Lebaran atau Natal.

Makan bersama di meja makan saat ini menjadi salah satu peristiwa langka. Seperti dilansir Boldsky, kesibukan masing-masing anggota keluarga, baik ayah, ibu dan anak-anak membuat makan bersama keluarga menjadi hal yang sulit untuk diwujudkan.

Padahal, salah satu cara menguatkan ikatan dengan pasangan dan juga anak adalah melalui makan bersama. Hal ini dapat membawa Anda lebih dekat dan memiliki kesempatan untuk berkumpul dengan anak dan juga pasangan.

Sarapan, makan siang, atau makan malam, sebaiknya diusahakan memiliki waktu makan bersama di meja makan. Namun, kebanyakan di antara waktu makan sarapan atau makan malam bisa menjadi pilihan terbaik untuk bisa menikmati kebersamaan dan ikatan kedekatan (bonding) dengan anggota keluarga.

Menurut Alice Julier, penulis buku Eating Together, aktivitas makan bersama bisa mengubah perspektif terhadap ketidakadilan dan saling menghormati satu sama lain dalam pergaulan sosialnya.

Makan bersama di meja makan memiliki banyak keuntungan bagi Anda sebagai pasangan suami istri dan peran sebagai orang tua dengan anak. Berikut ini manfaat yang bisa dirasakan ketika Anda memiliki waktu untuk makan bersama di meja makan.

Komunikasi terbuka

Meja makan menjadi tempat yang baik untuk anggota keluarga berkomunikasi. Jadi, sebaiknya Anda memberikan waktu yang cukup agar tidak terkesan terburu-buru ketika berada di meja makan.

Ketika duduk bersama dan menikmati hidangan di meja makan, Anda bisa memberikan kesempatan anak untuk bercerita dan membagikan pengalaman atau bahkan rencana aktivitas sepanjang hari ini.

Apalagi pada era teknologi modern, menurut Linda Centeno, PhD, seorang psikolog klinis dari Ridgewood, NJ. Dilansir Everydayhealth, orang tua dan anak banyak menghabiskan waktu di ruang yang sama dengan sibuk masing-masing dengan gawainya.

Tidak hanya itu, faktanya penggunaan telepon seluler yang mendominasi dalam rumah tangga juga menjadi pemicu konflik antar pasangan. Saran, saat makan bersama sebaiknya jauhkan gawai dari meja makan.

Ajarkan hidup sehat

Duduk di meja makan dan menikmati makanan yang diolah di rumah, secara tidak langsung Anda sudah mendidik anak untuk mengenal jenis makanan sehat. Selama menikmati hidangan, Anda bisa memberikan penjelasan tentang manfaat dari makanan yang dikonsumsi. Serta mengatur porsi makan yang sesuai. Dengan begitu, anak terjaga kesehatannya.

Keuntungan lain dari makan bersama, yaitu mengatasi anak sulit makan. Sebab, anak lebih mudah menyerap penjelasan ketika melihat contoh dari orang tuanya.

Pengalaman manis hingga dewasa

Ketika anak-anak tumbuh dewasa, pengalaman menikmati makanan di meja makan bersama dengan orang tua akan menjadi memori yang indah. Saat dewasa, anak memiliki kenangan manis yang akan diingat kembali.

Makan bersama di meja makan, mengutip Ratih Andjayani Ibrahim, psikolog keluarga yang diwartakan Liputan6, juga mengajarkan anak perihal sopan santun. Orang tua bisa mengajarkan anak untuk tetap duduk di meja makan dan menghabiskan makanan yang disajikan.

Kurangi risiko stres

Sebuah penelitian baru menyatakan bahwa anak-anak yang makan bersama orang tua mereka selama masa anak-anak mereka lebih aman dan sehat secara emosional. Anak merasa nyaman dan aman ketika bersama dengan orang tuanya. Makan bersama juga dipercaya bisa membentuk rasa percaya diri dan mengurangi risiko stres.

Source : Beritagar.id
Ilustrasi Gambar : says.com

Previous articleCara Bedakan WiFi Baik dan Jahat
Next articleIni Batas Aman Pakai “Earphone”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.