Home Lifestyle Perhatikan Waktu Makan Terbaik Dari 9 Makanan Ini

Perhatikan Waktu Makan Terbaik Dari 9 Makanan Ini

886
0

Meminum susu di pagi hari ternyata bukan waktu terbaik. Selama ini mungkin kita salah.

Memiliki pola hidup sehat itu wajib. Selain menjaga kesehatan fisikmu, juga menjaga kestabilan emosimu. Nah, salah satu praktik pola hidup sehat adalah memakan makanan sehat.

Tapi, bukan hanya mengonsumsi makanan dan minuman sehat, kamu juga wajib memperhatikan waktu terbaik saat mengonsumsinya. Mau tahu makanan atau minuman apa saja dan waktu terbaik saat mengonsumsinya? Dilansir dari akun Facebook Happy & Healthy, Selasa (22/3), berikut penjelasannya buat kamu : 

1. Minum susu.

foto: facebook.com/ourhappyandhealthypage

Waktu terbaik minum susu adalah saat malam hari. Fungsinya bisa menghangatkan tubuh dan membantumu lekas mengantuk dan tidur.

Sedangkan waktu terburuk minum susu adalah pagi, karena kamu akan menjalani aktivitas pada seharian, makan susu memperberat fungsi pencernaan kamu. Susu juga akan mengganggu waktu makan siangmu.

2. Nasi.

foto: facebook.com/ourhappyandhealthypage

Waktu terbaik makan nasi adalah siang hari, saat makan siang. Pada siang hari, metabolisme sedang dalam kondisi tinggi, sehingga akan membantu mencerna karbohidrat yang masuk.

Nah, waktu terburuk makan nasi adalah malam hari. Pada waktu ini, karbohidrat berlebihan dari nasi bisa memicu kegemukan.

3. Curd/ tahu susu/ dadih.

foto: facebook.com/ourhappyandhealthypage

Dadih adalah produk susu yang diperoleh dengan koagulasi susu dalam proses yang membuatnya mengental, hampir mirip seperti yoghurt. Waktu terbaik mengonsumsinya adalah sepanjang hari, kecuali malam. Pada waktu ini dadih bisa memperlancar sistem pencernaan.

Sedangkan kalau dikonsumsi pada malam hari, terlebih kalau kamu sedang batuk, justru akan memperparah keluarnya dahakmu.

4. Apel.

foto: facebook.com/ourhappyandhealthypage

Waktu terbaik makan apel adalah pagi. Apel mengandung banyak serat yang membantu kelancaran BAB dan mencegah sembelit. Selain itu, apel bermanfaat mengeliminasi karsinogen, zat yang menyebabkan penyakit kanker.

Waktu terburuk makan apel adalah sore atau malam hari. Pasalnya, apel memiliki zat asam yang meningkatkan keasaman di lambungmu sehingga menimbulkan rasa nggak nyaman. Lebih dari itu, pektin yang berlebihan dapat membuat sistem pencernaan tak nyaman.

5. Pisang.

foto: facebook.com/ourhappyandhealthypage

Kalau mau makan pisang, makanlah pada siang hari. Pisang tinggi serat sehingga bagus untuk pencernaan. Pisang juga mengandung sifat antasid alami yakni obat yang berguna mengurangi keasaman lambung.

Waktu terburuk makan pisang adalah malam hari. Kalau kamu makan malam hari maka bisa menyebabkan produksi dahak dan batuk meningkat. Selain itu, makan pisang pada malam hari kala perut kosong bisa mengganggu perut karena pisang kaya akan magnesium.

6. Kacang-kacangan.

foto: facebook.com/ourhappyandhealthypage

Makan kacang-kacangan terbaik adalah siang hari. Karena kacang-kacangan tinggi serat, maka bisa memperlancar pencernaan dan mereduksi level kolesterol. Lebih dari itu, kacang-kacangan juga bisa bikin tidur kamu nyenyak pada malam harinya.

Nah, waktu terburuk makan kacang-kacangan adalah saat pagi hari atau selama waktu yang memungkinkan nafsu makanmu naik tak terkendali sehingga bikin kamu makan melulu.

7. Keju.

foto: facebook.com/ourhappyandhealthypage

Waktu makan keju terbaik adalah awal pagi hari. Untuk para vegetarian, keju adalah sumber pengganti daging paling utama. Kalau rajin makan keju pada awal pagi, maka bisa mencegah kenaikan berat badan dan mencegah perut kembung.

Sementara waktu terburuk makan keju adalah malam hari, karena bisa memperberat fungsi pencernaan yang seharusnya beristirahat pada malam hari. Selain itu, juga bisa bikin kamu gemuk.

8. Daging.

foto: facebook.com/ourhappyandhealthypage

Kalau mau makan daging, cobalah waktu terbaik pada siang hari. Karena daging tinggi protein yang bisa meningkatkan kekuatan fisik dan memperbaiki konsentrasi.

Sedangkan waktu terburuk makan daging adalah pada malam hari. Karena daging sulit dicerna, maka akan sangat membebani fungsi sistem pencernaanmu dan membuat tidur malammu jadi tak nyenyak akibat perut yang begah.

9. Buah kenari.

foto: facebook.com/ourhappyandhealthypage

Bagi kamu yang mengonsumsi buah kenari, waktu terbaik makan adalah pada sore hari. Buah kenari mengandung sejumlah nutrisi seperti lemak omega-3 dan antioksidan. Inilah yang dapat menyokong kesehatan otak.

Sedangkan waktu terburuk makan buah kenari adalah pada pagi, siang, atau malam hari. Makan buah kenari pada waktu ini justru mengurangi tingkat keefektifan kamu dalam berpikir.

Source : Brilio.net

Previous article11 Potret Kelakuan Orang yang Tidak Paham Teknologi Ini Bikin Ngakak
Next article10 Makanan & Minuman Ini Bantu Bersihkan Paru-Parumu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.