Home Technology and Tips 12 Trik Sederhana Menjadikan Perabotan Rumahmu Berkilau

12 Trik Sederhana Menjadikan Perabotan Rumahmu Berkilau

562
0

Kamu bisa mencobanya di rumah.

Bagi banyak orang, membersihkan barang adalah tugas yang sangat membosankan. maka sari itu, mereka enggan membersihkan rumahnya secara rutin, melainkan ketika sudah terlihat kotoran saja. Belum lagi, ketika kotoran sudah menggunung lebih menyulitkan kamu untuk membersihkannya.

Tapi tenang saja, berikut 12 cara simpel menjadikan berbagai sudut rumahmu kinclong seperti dilansir dari brightside.me, Kamis (24/3):

1. Membersihkan shower curtain alias tirai kamar mandi

Tirai mandi alias shower curtain yang sudah lama tak dibersihkan tentu akan menimbulkan kesan si pemilik jorok. Tapi tenang saja, ada cara mudah membersihkannya kok. Cukup gosokkan hidrogen peroksida dan air pada tempat yang sama yang terdapat noda. Hidrogen peroksida ini gampang didapatkan di apotek terdekat kok.

2. Membersihkan dan membunuh kuman pada sikat gigi

Untuk membersihkan sikat gigi dan membunuh kuman yang ada, rendam sikat gigi pada cuka selama satu jam. Lalu cuci sikat gigi itu dengan air mengalir.

3. Membersihkan spons dari kuman

Rendam spons yang sering kamu gunakan secara teratur dengan air panas dan cuka selama satu jam. Lalu cuci dengan air bersih dan keringkan.

4. Mengembalikan bathub kembali putih bersih

Hidrogen peroksida akan membantumu memudahkan menghapus kerak, noda kalsium, dan bintik kuning pada bathub. Tuangkan hidrogen peroksida pada botol semprot, lalu semprotkan pada permukaan bak yang kotor. Biarkan selama setengah jam, kemudian cuci dengan air hangat.

Kamu juga bisa menghilangkan noda kuning pada kamar mandi dengan menggunakan asam sitrat yang telah dilarutkan dengan secangkir air. Oleskan cairan itu dengan spons ke permukaan bak mandi. Tunggu selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

5. Membersihkan toilet duduk

Toilet merupakan tempat yang rawan kuman. Tak heran jika saat menggunakan toilet duduk, orang sering melapisinya dengan tisu. Nah, untuk membersihkan toilet duduk ternyata mudah. Kamu bisa menggunakan campuran mustard powder, asam sitrat, dan tepung maizena untuk membuat toiletmu seperti baru lagi.

6. Membersihkan garis antar ubin

Kamu dapat menghilangkan jamur dan noda pada garis antar ubin dengan lilin putih. Gosokkan lilin itu pada daerah yang ingin dibersihkan beberapa kali.

Kamu juga bisa membersihkannya dengan cairan baking soda. Gosok garis antar ubin itu dengan sikat yang sudah dicelupkan pada cairan baking soda. Setelah itu, cuci dengan air hangat. Kamu juga bisa manfaatkan hidrogen peroksida untuk membersihkannya.

Bagi banyak orang, membersihkan barang adalah tugas yang sangat membosankan. maka sari itu, mereka enggan membersihkan rumahnya secara rutin, melainkan ketika sudah terlihat kotoran saja. Belum lagi, ketika kotoran sudah menggunung lebih menyulitkan kamu untuk membersihkannya.

Tapi tenang saja, berikut 12 cara simpel menjadikan berbagai sudut rumahmu kinclong seperti dilansir dari brightside.me, Kamis (24/3):

 

7. Membuat ubin kembali bersinar

Cuci ubin dengan 15 gram asam sitrat yang sudah dilarutkan pada segelas air hangat. Gosokkan dengan spons dan bilas dengan air bersih. Sementara untuk dinding ubin, kamu bisa semprotkan cuka. Tunggu 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

8. Membersihkan mesin cuci

Mesin cuci yang sering kamu gunakan juga perlu dibersihkan minimal tiga bulan sekali. Gunakan asam sitrat dan untuk membersihkan kotoran dan menghilangkan kerak pada mesin cuci. Tuangkan 60 gram asam sitrat pada kompartemen mesin cuci. Lalu hidupkan mesin cuci dengan full cycle dan dengan temperatur tinggi.

9. Cara membersihkan noda minyak di kompor

Kamu dapat menghilangkan noda minyak pada kompor dengan penghapus biasa yang sering kamu gunakan untuk menghapus coretan pensil.

Kamu juga bisa manfaatkan cairan lemon untuk membersihkannya. Tunggu selama 15 menit setelah mengusapkan cairan lemon ke kompor, lalu bilas dengan kain basah.

10. Cara membersihkan oven

Minyak yang tertempel pada oven memang menyebalkan. Cara menghilangkannya, campurkan amonium klorida dengan air. Panaskan oven sampai 150 derajat Celcius. Tempatkan panci berisi air panas pada bagian bawah penempatan amonium klorida. Tutup oven dan biarkan semalaman tanpa dihidupkan. Setelah itu, lap oven dengan spons.

Untuk menjaga oven tetap baru, oleskan sedikit cuka dengan menggunakan spons. Biarkan selama beberapa jam, lalu lap dengan kain.

11. Menghilangkan bau pada kasur

Untuk menghilangkan bau pada kasur, taburi dengan baking soda. Tunggu selama setengah jam, kemudian vakum kasur itu secara menyeluruh.

12. Menyingkirkan noda di karpet

Satu sendok makan gliserin yang dicampurkan pada satu liter air bisa digunakan untuk menghilangkan noda kopi, cokelat atau noda teh pada karpet.

Sementara untuk menghilangkan noda bir, wine, atau minuman keras dari karpet, gosok dengan larutan air hangat yang sudah ditambahkan sedikit deterjen. Lalu cuci dengan campuran satu sendok teh cuka dan setengah liter air hangat.

Previous article15 Trik Simpel Agar Pakaian dan Sepatumu Tetap Bersih dan Tak Kusut
Next article15 Manfaat Luar Biasa dari Jantung Pisang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.