Home Technology and Tips 5 Hal Kecil Berdampak Besar Bisa Kamu Lakukan Untuk Hemat Listrik

5 Hal Kecil Berdampak Besar Bisa Kamu Lakukan Untuk Hemat Listrik

875
0

Isu pemanasan global saat ini memang menjadi ketakutan sendiri. Salah satu penyebab dari pemanasan global adalah penggunaan energi oleh manusia yang sangat berlebihan.

Kamu anak muda dapat terlibat langsung untuk mengurangi dampak dari pemanasan global ini salah satunya dengan hemat penggunaan listrik. Selain mengurangi dampak pemanasan global, kamu juga bisa menghemat pengeluaran sekaligus. Berikut ini tips untuk menghemat listrik yang dikutip kumpulkan dari berbagai sumber. 

1. Matikan alat elektronik kamu dengan benar, jangan dibiarkan standby

foto : mtseva.com

Alat elektronik yang masih dalam keadaan standby masih menimbulkan kumparan listrik, maka sebaiknya alat elektronik yang tidak digunakan seperti tv tidak disambungan dengan listrik dan hindari keadaan standby.

2. Hindari penurunkan suhu AC saat pertama kali dihidupkan

foto : aireleceservices.co.uk

Tahukah kamu kalau setiap penurunan 1 derajat celcius pada air conditioner (AC) maka akan meningkatkan pemakian daya sebanyak 6%. Sehingga jika kamu menurunkan suhu AC dari 29 derajat celcius menjadi 15 derajat celcius, maka daya akan melonjak secara drastis sebanyak 84%. Maka saat menggunakan AC, sebaiknya suhu diturunkan secara berkala, tidak langsung.

3. Cabut kabel charger setelah digunakan

foto : ekoshp.com

Kebiasan umum yang sering dilakukan adalah membiarkan charger hp tetap tersambung listrik meskipun tidak digunakan. Padahal saat charger listrik terpasang maka daya serap energinya masih berlangsung meski hanya berkisar 30%. Segera cabut chargermu apabila tidak digunakan lagi.

4. Teliti dalam memilih jenis lemari es


Salah satu alat elektronik yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap pemakian listrik adalah lemari es. Maka sebelum membeli lemari es perhatikan kapasitas lemari es dan kapasitas penggunaanya. Seperti yang dijelaskan, Eko, salah satu staf PLN,”Masyarakat sering terbebani pemakaiannya dipenggunaan lemari es jadi mereka harus melakukan pemilihan lemari es sesuai dengan kapasitas daya yang mereka pilih,” ujarnya.

5. Memasak nasi di rice cooker dengan air panas

foto : amazon.com

Menggunakan air panas ketika memasak nasi di rice cooker adalah pilihan yang tepat. Selain akan lebih cepat matang dan daya listrik yang digunakan pastinya akan berkurang.

Nah, biasakan 5 hal kecil ini untuk menghemat pemakaian listrik di rumahmu sekaligus membuatmu berperan dalam mengatasi masalah energi, bisa segera dicoba.

 

Source : Brilio.net

Previous articleCara Menghilangkan Rasa Pedas
Next article13 Kreasi yang Bisa Kamu Buat dengan Balon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.