Home Technology and Tips 10 Cara Agar Setiap Pekan Lebih Produktif

10 Cara Agar Setiap Pekan Lebih Produktif

556
0

Waktu adalah uang, yup. Kata mutiara yang satu ini sangat mengena buat kamu yang sedang bekerja, formal atau non-formal seperti berbisnis. Kamu tentu sadar bahwasannya produktivitas dalam bekerja secara langsung akan berpengaruh terhadap perkembangan sebuah proses kerja yang sedang kamu lakukan.

Tapi, kadangkala kamu merasa produktivitas kerja kamu cenderung stuck atau diam, bahkan menurun tiap minggunya. Nyatanya, banyak hal sepele yang kamu lupakan dan beberapa pengaruh dari luar lingkup juga memberikan efek terhadap pekerjaan tersebut. “Tiap orang punya problem dan cara mengalahkan dirinya sendiri dalam bekerja, tiap orang tentu berbeda,” ujar Rhein Fathia (29), Manajer Keuangan di Tenda Destrada Bogor kepada brilio.net, Kamis (10/12).

Dilasir brilio.net dari entrepreneur.com, Kamis (10/11) berikut 10 cara agar kamu bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja tiap minggunya.

1. Fokus pada satu tugas

Cobalah untuk fokus pada satu tugas dulu sebelum melakukan tugas yang lainnya, menumpuk pekerjaan tidak baik apalagi sampai ada yang lupa untuk dikerjakan. Menyelesaikan tugas satu per satu tidak hanya membuat kamu menyelesaikannya lebih cepat, juga akan meningkatkan ketepatan dan ketelitian kamu.

2. Belajarlah untuk mengatakan tidak
Kamu pasti pernah merasakan gangguan fokus melaksanakan tugas karena sesuatu hal. Misal, kamu sangat mudah menerima ajakan teman kamu hanya untuk sekadar nongkrong, padahal saat itu bukan waktu yang tepat di tengah tugas yang harus kamu selesaikan. Mengatakan “tidak” lebih baik untuk menghemat waktumu demi bekerja, daripada membuang waktu untuk hal yang tidak kamu prioritaskan.

3. Buat rencana produktivitas dalam seminggu
Awali Senin pagi kamu dengan agenda yang telah kamu persiapkan sebelumnya. Bikin rencana sebaik mungkin dalam seminggu, hal tersebut mengantisipasi tugas lain yang datang secara tiba-tiba. Manfaatkan waktu luang untuk menambah produktivitas kamu.

4. Atasi masalah
Kamu punya masalah? Atasi hal tersebut agar tidak menguras emosi dan pikiran terhadap hal yang kamu benci. Buat harimu menyenangkan dan enjoy dalam bekerja.

5. Bikin grafik perbandingan produktivitas
Cara sederhana dengan menandai kalender tiap harinya, jika kamu merasa tak banyak perkembangan berarti dalam produktivitas harian, kamu bisa meminta teman kamu membagikan metodenya untuk dicoba agar lebih produktif selama bekerja.

6. Lengkap lebih baik dari sempurna
Semua tentu ingin hasil sempurna dalam sebuah pekerjaan, tentu hal tersebut membutuhkan kerja keras dan menguras tenaga yang banyak. Pikirkanlah untuk tidak perlu sempurna, cukup lengkapilah semua hal yang harus ada dalam tugas yang kamu kerjakan.
Berjuang untuk keunggulan adalah tujuan mulia, tetapi perfeksionisme obsesif adalah musuh utama dari produktivitas (kedua hanya untuk kemalasan). Bukankah lebih mencapai 100 hal minggu ini, semua dilakukan dengan baik, dari 15 hal-hal yang sempurna?

7. Mulai lebih awal
Belajar untuk bangun lebih pagi, urus masalah pribadi dan tak lupa sarapan. Memulai pekerjaan lebih awal akan membantu kamu mendapatkan sedikit gangguan pada siang hari, paling tidak kamu bisa memiliki waktu luang dan menambah tugas yang lain di siang hari karena tugasmu telah selesai lebih dulu.

8. Refreshing
Saat kamu harus bekerja keras setiap minggunya, rasa jenuh dan sebagainya akan menggelayut di pikiranmu di hari liburmu. Nah, kamu butuh sesuatu yang baru untuk kamu jumpai, tergantung dengan apa ingin kamu lakukan. Seperti ke pantai, gunung, kuliner dan sebagainya.

9. Lakukan saja apa yang kamu bisa
Setiap orang memiliki kelebihan yang berbeda. Kamu tak perlu melakukan sesuatu yang tak kamu kuasai, cukup kerjakan yang kamu bisa demi efisiensi di saat bekerja. Semakin kamu melakukan sesuatu yang tak kamu bisa, tingkat produktivitasmu akan cenderung menurun karena waktumu yang banyak tersita pekerjaan tersebut.

10. Review hasil kerjamu
Luangkan waktu sebentar di akhir pekan untuk mengecek kembali pekerjaanmu selama seminggu kemarin, temukan kekurangan dan cobalah kamu perbaiki di setiap minggunya.

Source : Brilio.net

Previous articleIni yang Perlu di Lakukan Saat HP Terjatuh ke Dalam Air
Next articleMengintip Cara Menggoreng Telur Dari Berbagai Negara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.