Home Technology and Tips 10 Tips Membersihkan Kamar

10 Tips Membersihkan Kamar

1625
0

Kamar tidur, baik di rumah maupun kos, seolah menjadi rumah utamamu. Kamu bisa menghabiskan seharian waktumu di kamar. Makan, nonton film, ngobrol bareng teman, telefonan sama pacar, stalking gebetan, nangis bahkan nyanyi-nyanyi semaumu di kamar. Oleh karena itu kenyamanan dalam kamar rasanya penting banget.

Tapi, tak jarang pula kamu sering malas buat beresin kamar kamu. Hasilnya, kamarmu akan lebih mirip gudang dibanding kamar manusia.

Nah, supaya kamu nggak malas lagi beresin kamar dan cita-cita buat beresin kamar nggak cuma sebatas wacana, ikuti 10 tips yang dihimpun dari berbagai sumber berikut ini:

1. Luangkan waktu

foto: vemale.com

Nggak ada waktu, capek, besok sajalah. Kata-kata itu pasti sering kamu gunakan untuk memberi alasan kenapa nggak segera membereskan kamar. Makanya, kamu perlu benar-benar meluangkan waktumu sehari untuk membereskan kamar.

2. Mulailah sepagi mungkin

foto: cdn.innovativelanguage.com

Agar nggak mengganggu agenda weekend kamu, sebaiknya mulailah membereskan kamar sepagi mungkin. Setelah bangun tidur jangan cuma keenakan malas-malasan, tapi segeralah bangkit dan mulai membereskan kamar kamu.

3. Siapkan kardus untuk barang tak terpakai

foto: //1.bp.blogspot.com
Persiapkan kardus bekas jika diperlukan sebelum kamu membereskan kamar. Tujuannya, agar saat beres-beres kamar kamu nggak bingung mau menyingkirkannya di mana. Alasan ‘nggak tahu mau ditaruh di mana’ pun jadi alesan kamu males beresin kamar. Benar kan?

4. Siapkan kantong plastik untuk sampah

foto: tokopedia.net
Hayoo, kamar siapa yang banyak sampahnya? Bungkus makanan dan tisu bekas, misalnya, sering banget menuh-menihin kamar kamu. Nah, sebaiknya buang sampah-sampah itu dan tempatkan di kantong plastik. Kalau nggak mau sampah menumpuk, biasakan langsung membuang sampah pada tempatnya dan jangan ditunda-tunda.

5. Pasang musik atau tentukan playlist kamu

foto: //1.darkroom.stylist.co.uk
Mood buat beresin kamar itu kadang susah banget didapat. Lakukan hal apapun yang sekiranya bisa meningkatkan semangat kamu. Dengan mendengarkan lagu favorit misalnya. Lagu yang agak upbeat dan bersemangat akan membuatmu lupa lelah.

6. Jangan menumpuk barang yang tak terpakai

foto: //www.popeti.com
Pilah dan pilih barang-barang yang sekiranya masih mau gunakan dan barang yang sudah nggak terpakai. Tujuannya agar kamarmu nggak berisi barang-barang yang nggak penting dan otomatis kamarmu menjadi semakin rapi.

7. Pisahkan pakaian lama kamu

foto: //cdn0-a.production.liputan6.static6.com
Atur isi lemari antara pakaian lama dan pakaian yang masih bisa kamu gunakan sehari-hari. Pisahkan antara pakaian formal dan pakaian casual. Tujuannya ini mempermudah kamu saat mengambil pakaian. Sehingga antara pakaian lama maupun baru nggak bercampur.

8. Jangan berhenti sebelum selesai

foto: giphy.com
Membereskan kamar memang kadang memakan waktu 2-3 jam, tapi semua ini demi kenyamanan dan kesehatan kamu juga kan. Makanya penting jangan berhenti dulu sebelum selesai. Sebisa mungkin jangan diselingi dengan kegiatan lain.

9. Jadikan kunjungan teman untuk memotivasi kamu

foto: giphy.com

Kamu kadang malas beres-beres kamar karena jarang ada temanmu yang main ke kamar kamu. Nah, bisa jadi kunjungan teman atau orang tua kalau kamu perantau bisa kamu jadikan sebagai motivasi untuk rajin beresin kamar. Pasti malu dong kalau ada teman main dan kamarmu super berantakan?

10. Beri reward pada diri sendiri

foto: drkimfoster.files.wordpress.com
Untuk menambah semangat kamu lagi bisa juga lho memberi reward pada diri kamu sendiri setelah selesai beres-beres kamar. Demi mendapat hadiah itu kamu harus membersihkan kamarmu sampai tuntas terlebih dulu.

Source : Brilio.net
Ilustrasi Gamabar Utama : cleaningservicejogja.com

Previous articleIni Dia Langkah Mengurus Tiket Pesawat Jika Gagal Terbang
Next articleTips Merawat Buku Agar Awet dan Tahan Lama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.