Home Technology and Tips Cara Sederhana Menemukan Arah Utara

Cara Sederhana Menemukan Arah Utara

811
0

Kamu pernah mengalami kebingungan menentukan arah barat, timur, utara, selatan? Kesulitan menemukan arah membuat kamu tersasar di pasar, hutan, bahkan pegunungan. Hal tersebut semakin rumit ketika kamu lupa membawa kompas sebagai penunjuk arah.

Tapi, nggak usah bingung jika kamu mengalami kejadian tersebut. Kamu bisa mencoba cara menentukan arah mata angin tanpa kompas dengan The Shadow-Tip Method, berikut penjelasannya brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/11).
 
1. Langkah Pertama

foto: wikihow
Tempatkan tongkat kayu kecil dengan posisi tegak di atas tanah sehingga kamu dapat melihat bayangannya. Atau, kamu dapat menggunakan bayangan benda tetap seperti pohon. Hampir setiap objek akan bekerja, tetapi lebih tinggi objek maka semakin mudah akan melihat pergerakan bayangannya, dan sempit ujung objek, semakin akurat arahnya.

2. Langkah Kedua

foto: wikihow
Tandai ujung bayangan dengan benda kecil seperti kerikil, atau beri tanda goresan yang berbeda di dalam tanah. Cobalah untuk membuat tanda sekecil mungkin sehingga dapat menentukan ujung bayangan, tapi pastikan kamu dapat mengidentifikasi tanda nanti.

3. Langkah Ketiga

foto: wikihow
Kamu tunggu 10-15 menit, ujung bayangan akan bergerak sebagian besar dari barat ke timur di garis melengkung.

4. Langkah Keempat

foto: wikihow
Tandai posisi baru ujung bayangan dengan benda kecil atau kerikil. Kemungkinan bayangan tersebut akan bergerak hanya jarak pendek.

5. Langkah Kelima

foto: wikihow
Kamu perlu menarik garis lurus di tanah antara dua tanda.

6. Langkah Keenam

foto: wikihow
Berdiri dengan tanda pertama (barat) di sebelah kiri kamu, dan yang lainnya (timur) di kanan. Kamu sekarang menghadap sebagian besar ke arah utara, terlepas dari mana kamu mencobanya. Ilustrasi menunjukkan bahwa matahari dan penanda di tempat 1 seperti apa yang terjadi di Langkah 2. Pada Poin 2, itu menunjukkan apa yang terjadi pada Langkah 4. Metode ini didasarkan pada kenyataan bahwa matahari bergerak melintasi langit dari timur ke barat.

Source : Brilio.net

Previous article12 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet
Next article10 Trik untuk Mencegah Hilangannya Ponsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.