Home Technology and Tips Cara Jitu Menghilangkan Noda Membandel Pada Pakaian

Cara Jitu Menghilangkan Noda Membandel Pada Pakaian

871
0

Pakaian yang kita gunakan setiap hari akan sangat rentan terkena noda. Mulai dari sisa makeup, keringat yang kotor, bintik-bintik hitam akibat jamur, hingga noda dari luar seperti tumpahan makanan yang tidak disengaja. Membersihkannya pun biasanya cukup sulit, tetapi sekarang kamu bisa dengan mudah membersihkan beberapa jenis noda dari makanan melalui cara-cara jitu seperti dilansir dari Cosmopolitan UK, Rabu (5/8) berikut ini:

1. Noda anggur merah

Anggur merah atau red wine adalah salah satu cairan yang sangat mudah diserap kain dan meninggalkan noda yang sulit dihilangkan. Tips kalau pakaian kamu terkena tumpahan red wine, jika memungkinkan, segera lepas pakaian kamu dan cuci sebelum noda tersebut mengering. Pasalnya noda yang kering akan semakin sulit untuk dihilangkan.

Kalau cara tersebut tidak memungkinkan, kamu bisa lakukan beberapa cara ini:

-Basahi dengan air biasa
Segera basahi tisu atau handuk dengan air bersih. Tempelkan tisu kering pada bagian belakang pakaian, lalu pada bagian depan tempelkan dengan tisu yang sudah dibasahi air. Tekan bagian yang terkena air hingga mengering. Jangan digosok ya karena ini akan membuat noda jadi semakin buruk.

-Air soda
Pada dasarnya metode ini sama dengan cara pertama, hanya kali ini menggunakan air soda daripada air biasa.

-Garam
Jika noda karena tumpahan anggur merah masih segar, segera tuangkan garam ke pakaian yang terkena noda, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan berulang kali hingga noda luntur dengan sendirinya. Baru setelahnya pakaian bisa dicuci seperti biasa.

-Rendam dalam susu
Ya benar, memakai susu. Tinggalkan pakaian kesayangan kamu yang terkena tumpahan anggur merah, lalu rendam selama minimal 60 menit, bisa lebih lama tergantung dari ukuran noda.

2. Noda kopi

Membersihkan noda kopi bisa sulit kalau kamu tidak tahu teknik pembersihan yang tepat. Jika tidak dibersihkan dengan tuntas, noda kopi akan tinggal permanen pada pakaian dan tidak bisa hilang. Oleh karena itu, kamu harus segera membersihkan noda kopi.

Cara pertama dengan merendam daerah yang terkena noda dengan air dan cuka sebelum memasukkan ke dalam mesin cuci. Jika noda sedikit, cukup tekan-tekan daerah yang terkena kopi dengan cuka murni. Jika noda kopi tumpah ke kain halus seperti wol, gunakan air dingin sambil menekan-nekan noda tersebut sebelum dicuci.

3. Noda cokelat 

Jangan pernah menggunakan air panas untuk membersihkan noda cokelat. Sebelum dibersihkan, angkat sisa coklat pada pakaian dengan hati-hati agar tidak menyebar ke area lainnya. Gunakan sabun atau deterjen pada noda tersebut sambil dikucek. Bilas dan ulangi sampai noda terhapus.

4. Noda saus tomat

Selalu tuangkan air pada noda dari bagian di baliknya untuk menyiram saus tomat ke arah luar pakaian. Ketika pakaian terkena saus tomat, segera bersihkan dengan air hangat dengan teknik mengusap. Setelah itu siram langsung noda tersebut dengan air dingin. Kamu juga bisa mengoleskan noda dengan lemon. Kemudian dengan deterjen dan air dingin, cuci pakaian dan keringkan di bawah sinar matahari, bukan di mesin cuci.

5. Noda kuah santan

Oleskan jus lemon pada noda, diamkan semalaman dan cuci pakaian seperti biasa. Atau, kamu bisa menutupi area yang terkena kuah santan atau kari dengan pasta gigi yang dibiarkan selama beberapa jam sebelum dibilas dan dicuci seperti biasa.

6. Noda kecap

Tambahkan deterjen pada air hangat dan rendam pakaian yang terkena noda kecap selama 30 menit. Jika noda kecap masih membandel setelah direndam, gunakan semprotan penghilang noda sebelum dicuci seperti biasa. Jika pakaian yang terkena noda kecap berwarna putih, kamu bisa memakai pemutih dengan cara mengoleskan sedikit pemutih ke bagian yang terkena noda kemudian cuci seperti biasa.

7. Noda es krim

Menggunakan air hangat untuk menghilangkan noda es krim hanya akan membuatnya makin sulit untuk dibersihkan. Gunakan air dingin dan dengan bantuan spons lembut, gosok noda es krim pada pakaian dan cuci menggunakan mesin cuci dengan siklus dingin.

Source : Brilio.net

Previous articleCara Menghilangkan Bekas Luka Pada Tubuh
Next articleCara Melonggarkan Sepatu yang Kekecilan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.