Home Technology and Tips Yang Harus di Lakukan Ketika Dilanda Kegagalan

Yang Harus di Lakukan Ketika Dilanda Kegagalan

390
0

Kehidupan ini dinamis dan penuh kejutan, banyak lika-likunya. Manis dan pahit serta suka dan duka adalah keniscayaan yang bakal selalu kamu temui. Salah satu bagian yang tak dapat kamu hindari adalah bertemu dengan kegagalan. 

Kegagalan perlu disikapi secara arif, agar ada yang bisa dipetik darinya. Merasa kecewa sejenak wajar, namun jangan terlalu berlama-lama meratapinya. Sebab tak akan merubah keadaan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika menghadapi kegagalan:

1. Membesarkan hati dan berpikir positif
Hal pertama yang perlu dilakukan ketika sedang ‘jatuh’ adalah meguatkan diri. Ingat, ‘kegagalan bukan akhir dari segalanya’ dan ‘kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda’. Berpikir positiflah, masih ada cara lain yang bisa ditempuh untuk meraih apa yang kamu impikan.

Di samping itu, pasti ada hikmah yang bisa kamu ambil dari kegagalan yang dialami. Kamu juga perlu menyadari dan mensyukuri bahwa Tuhan lebih banyak memberi kebahagiaan ketimbang kesedihan. Lalu mengapa kamu lebih suka mengingat kegagalan sekali daripada kesuksesan yang kamu dapatkan sering kali?

2. Memandang kisah-kisah kebangkitan orang lain
Selanjutnya, kamu harus bisa memperluas cara pandang terhadap segala sesuatu. Setiap orang pasti pernah gagal, maka jangan merasa sial sendiri. Di samping itu, dalam suatu kegagalan pasti ada hikmahnya. Kamu tidak tahu Tuhan sedang merencanakan apa. Ya kan?

Kamu perlu pelajari kisah-kisah orang lain, barangkali bisa menemukan yang lebih terpuruk darimu, lantas bisa mempelajari bagaimana proses kebangkitannya. Selain itu kamu juga perlu berintrospeksi. Jangan sampai mengalami kegagalan lagi karena kesalahan yang sama.

3. Berani move on!
Setelah dapat bekal semangat yang cukup dari membaca ataupun mendengar kisah inspiratif orang lain, maka mulai dan paksakanlah untuk move on dari kegagalan. Sebab mau sampai kapan kamu mau bertahan dalam keterpurukan?

Cara untuk move on dari suatu kegagalan ada banyak. Misalnya kamu mau mencari kegiatan atau pekerjaan lain yang bisa memompamu lagi ke semangat yang lebih baru.

 

Source : Brilio.net

Previous article8 Cara Sukses di Usia 30
Next articleMenghindari Stres Akibat Mengikuti Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.