Home Lifestyle 12 Makanan Ini Aman Dikonsumsi Meski Sudah Kedaluwarsa

12 Makanan Ini Aman Dikonsumsi Meski Sudah Kedaluwarsa

430
0

Limbah makanan atau dikenal dengan food waste menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi hampir seluruh negara di dunia. Di Inggris saja, makanan senilai 13 miliar pound sterling terbuang setiap tahunnya.

Salah satu penyumbang terbesar food waste adalah makanan kedaluwarsa yang berakhir di tempat sampah. Namun, ternayata ada beberapa makanan yang sudah habis jangka waktunya, tapi sebenarnya masih bisa dikonsumsi.

Dalam sebuah posting-an untuk Sheer Luxe, Carla Griscti mengungkap 12 makanan yang dapat dikonsumsi dengan aman meski sudah lewat tanggal kedaluwarsa. Dikutip dari Daily Mail, Jumat (31/3/2017), berikut daftarnya:

1. Makanan Kaleng

Hampir semua makanan kaleng masih bisa dikonsumsi meski sudah lewat tanggal kedaluwarsanya. Selama Anda menyimpannya di tempat sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung, makanan tersebut dapat bertahan hingga empat tahun.

2. Biskuit dan Keripik

Meski kerenyahan makanan ringan akan hilang jika telah melawati tanggal kedaluwarsa, makanan tersebut tak akan berbahaya untuk dikonsumsi seminggu setelah kedaluwarsa.

Untuk tetap membuatnya garing, letakkan makanan tersebut di tisu makanan dan hangatkan menggunakan microwave selama 40 detik.

3. Pasta Kering

Menyimpan pasta kering di wadah kedap udara dan diletakkan di lemari yang kering, membuat makanan tersebut dapat bertahan hingga tiga tahun.

4. Telur

Telur yang disimpan di kulkas masih layak dikonsumsi hingga tiga minggu setelah pembelian. Cara mudah untuk mengetahui apakah telur layak dikonsumsi adalah dengan mencium aromanya. Jika berbau busuk, berarti telur layak dibuang.

Selain itu, cara mengecek kesegaran telur adalah dengan mencelupkannya ke dalam air. Telur segar akan berada di dasar air, sementara telur yang telah busuk akan mengambang.

 

Sayuran Beku hingga Yoghurt

5. Sayuran Beku

Suhu pada freezer mencegah membusuknya makanan. Hal tersebut secara teoritis membuat makanan yang masih terbungkus dapat tahan seumur hidup.

Dengan demikian, mengonsumsi sayuran beku yang telah lewat dari tanggal kedaluwarsa sebenarnya tak berbahaya bagi tubuh. Namun ada baiknya Anda mengecek dahulu apakah ada perubahan rasa atau tidak.

6. Roti

Meski roti mudah berjamur jika kita menyimpannya di tempat terbuka, makanan tersebut ternyata dapat bertahan hingga dua minggu jika disimpan di kulkas. Dengan menyimpannya secara benar, kita dapat mengurangi food waste akibat makanan yang membusuk.

7. Acar

Makanan yang telah diawetkan dengan melalui proses pengasinan, akan mencegah tumbuhnya bakteri. Hal tersebut membuat acar dapat bertahan hingga dua tahun jika disimpan di kulkas.

8. Yogurt

Selama kemasan belum dibuka, yogurt masih bisa dikonsumsi meski telah lewat dua minggu dari tanggal kedaluwarsa.

Jamur akan mulai terbentuk setelah kemasan yogurt mulai dibuka dalam jangka waktu tertentu. Namun selama tidak ada tanda-tanda pembentukan jamur dan tak berbau, maka yogurt aman dikonsumsi.

 

Cokelat hingga Susu

9. Cokelat

Selama rasa cokelat masih baik dan tak menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan, maka bukan merupakan masalah untuk mengonsumsinya meski telah kedaluwarsa.

Meski terkadang terdapat bintik-bintik putih karena kristalisasi gula di cokelat yang berusia lama, hal tersebut tak membahayakan tubuh.

10. Keju

Jamur akan membuat tekstur keju seperti parmesan dan cheddar menjadi lebih keras. Namun Anda masih bisa menikmatinya meski telah melewati tanggal kedaluwarsa dengan menyingkirkan jamur yang terdapat di dalam keju.

11. Daun Selada

Selama daun selada masih segar, tak ada alasan untuk membuangnya, meski telah lewat dari tanggal kedaluwarsa. Anda bisa “menghidupkan kembali” setiap daun yang layu dengan beberapa cipratan air.

12. Susu

Meski telah lewat dari tanggal kedaluwarsa, selama rasa dan aroma susu masih baik, maka tak perlu khawatir untuk tetap mengonsumsinya.

Menyimpannya di kulkas akan menjaga kesegarannya dan susu masih bisa diminum meski telah lewat seminggu dari tanggal kedaluwarsa.

Source : Liputan6

Previous article5 Tips untuk Mendapat Repeat Visitor ke Situs Web dan Toko Online
Next articleMenurut Sains, Ini Waktu Terbaik untuk Membuat Keputusan Penting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.