Home Technology and Tips Cara Memutus Hubungan dari Akun Gmail di Semua Perangkat

Cara Memutus Hubungan dari Akun Gmail di Semua Perangkat

1528
0

Entah saat itu smartphone, laptop atau tablet kamu hilang; atau sedang meminjam laptop seseorang dan lupa log out. Adakalanya situasi tersebut memungkinkan orang tak berkepentingan dapat melihat seluruh isi email kamu.

Jarang diketahui oleh banyak pengguna, Google ternyata menyediakan sebuah fitur di mana mereka dapat log out dari seluruh perangkat–baik mobile atau komputer– yang terhubung dengan mudah dan cepat.

Bagaimana caranya? Berikut adalah trik untuk kamu terapkan saat menghadapi situasi-situasi di atas.

1. Log in ke akun Gmail kamu dari peramban apapun

2. Gulir ke bagian bawah Inbox dan tepat di kanan bawah terdapat tulisan “Last account activity”. Di sini, kamu akan menemukan tautan dengan tulisan “Details”.

3. Klik tautan tersebut dan akan ada jendela popup yang menampilkan seluruh aktivitas akun Google kamu dan sebuah tombol untuk mengakhirnya.

Jika kamu ingin memastikan seluruh akun Google kamu sudah log out dari perangkat yang pernah terhubung, maka kamu cukup klik tombol tersebut. Namun, kamu juga bisa memeriksa aktivitas dan mengindentifikasi aplikasi dan perangkat apa yang sudah tidak kamu akses lagi.

Saat jendela popup itu muncul, kamu bisa melihat browser, perangkat, aplikasi atau mail server (POP atau IMAP) yang terhubung dengan akun Google di kolom ‘Access Type”.

Jika kamu merasa tidak mengenali aktivitas tersebut, ada kemungkinan ada seseorang yang berhasil nge-hack akun kamu dan harus segera mengubah password akun. Demikian dikutip dari laman Techspot, Jumat (20/1/2017).

Di kolom “Authorized Application”, kamu bisa mengklik “Show details” dan “Manage Accont Access”, untuk mendapatkan daftar lengkap aplikasi apa saja yang terhubung dengan Gmail.

Selain memberikan informasi yang lebih detail, kamu pun dapat menggunakan tombol “Remove” untuk memutus hubungan aplikasi tersebut dengan akun Gmail kamu.

(Ysl/Isk)

Source : Liputan6

Previous articleCari Tahu Ketersediaan Nama Domain, Blog, dan Medsos di Situs Ini
Next article4 Hal tentang Keamanan Siber, Fakta atau Mitos?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.