Home Leisure Inilah Foto Pertama yang Terkenal dalam Sejarah

Inilah Foto Pertama yang Terkenal dalam Sejarah

516
0

Pernahkah kamu berpikir hal-hal pertama kali di sekitar kita akan ditemukan dalam bentuk seperti apa? Dalam kehidupan pastinya benda dan hal-hal di sekeliling kita punya momen pertama kali yang kerap tak disadari oleh banyak orang.

Untungnya hadirnya kamera yang bisa merekam momen yang terjadi pada masa lampau, bisa dijadikan kepingan sejarah untuk masa ini dan masa yang akan mendatang.

Penasaran apa saja foto-foto menarik pada masa lampau? Mulai dari selfie hingga robot, berikut ini merupakan foto sejarah benda dan hal pertama di dunia yang terekam oleh kamera.

1. Selfie pertama di dunia.

Istilah selfie sendiri mungkin setelah melejit beberapa tahun yang lalu. Namun, jika kamu penasaran siapa orang pertama yang melakukan potret diri pertama kali, mungkin Robert Cornelius bisa jadi jawabannya. Pionir fotografi dari Amerika itu, mengembangkan inovasi teknologi fotografi dari fotografer Perancis bernama Louis Daguerre. Tak disangka hasil eksperimen Cornelius pada tahun 1839 dianggap sebagai foto manusia pertama dalam sejarah.

2. Ponsel pertama di dunia.

Martin Cooper, merupakan seorang senior insinyur di Motorola yang mengembakan ponsel pertama di dunia. Pada 3 April 1973, Cooper dengan iseng memberitahu rival perusahaan teknologi lain dengan menelepon mereka menggunakan ponsel genggam pertama buatannya. Ponsel itu ia buat dengan berat 1,1 kilogram dan butuh 10 jam untuk diisi ulang.

3. Foto bewarna pertama.

Thomas Sutton dan James Clerk menggunakan eksperimen pita tartan untuk melihat filter negatif dari warna merah, hijau dan biru pada tahun 1861. Kerja sama keduanya ternyata berhasil menonjolkan ketiga warna itu dalam foto. Kemudian hasil jepretan yang mereka hasilkan dianggap sebagai foto bewarna pertama di dunia.

4. Foto pertama yang tunjukkan petir.

Fenomena petir terkadang membuat kita merasa takut. Alih-alih takut, William N. Jennings mengambil foto petir pertama kali di dunia pada 2 September 1882. Setelah itu Jennings kerap mengabadikan foto-foto petir untuk esainya. Hal ini didorong karena rasa penasaran Jennings terhadap petir yang kerap kali digambarkan zig-zag oleh para seniman.

5. Wanita pertama yang dapat lisensi mengemudi sepeda motor.

Penasaran siapa wanita pertama yang layak mengemudi sepeda motor? Sally Halterman ialah orangnya. Sejak lama wanita kerap kali ditindas dan selalu dibatasi bahkan untuk berkendara. Oleh karena itu, Sally, wanita asal Washington itu buktikan bahwa wanita bisa mendapatkan surat izin mengemudi sepeda motor di tahun 1937.

Source: Liputan 6

Previous articleMengatur Keuangan Bagi Suami-Istri yang Bekerja
Next articleCuma Seukuran Jari, Beginilah Penampakan Ponsel Terkecil di Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.