Home Technology and Tips Enakan Beli Kamera atau Lensa yang Ada Stabilization?

Enakan Beli Kamera atau Lensa yang Ada Stabilization?

482
0

Lebih baik mana, beli kamera yang ada stabilization atau lensa yang ada stabilization? Mohon berikan alasannya. karena saya berencana beli kamera mirroless, terimakasih sebelumnya. (Yoanes)

Jawaban

Masing-masing ada kelebihan kekurangannya. Jika lensa telefoto (panjang/zoom jauh) sekitar 50-200mm yang dipasangkan dan subjeknya jauh, lebih menguntungkan jika ada stabilizer di lensa, karena stabilizer di body tidak begitu berpengaruh saat subjek fotonya jauh sekali.

Sedangkan jika subjek yang difoto dekat, seperti untuk makro/close-up, lebih bagus image stabilization di body, karena gerakan kamera baik atas bawah maupun berputar (roll) akan berpengaruh ke hasil foto.

Jika banyak lensa fix yang dipasang, lebih baik body yang punya stabilization juga, karena lensa-lensa fix biasanya jarang yang memiliki stabilizer.

Bagi yang sering merekam video, jika sering merekam video semacam vlog, yang mana kita memegang kamera tanpa gimbal/tripod, maka idealnya di kameranya jg sudah punya stabilizer.

Tapi jika merekam video dengan mengunakan gimbal, atau stabilizer external lain seperti monopod, sebaiknya memilih kamera yang tidak memiliki stabilizer.

Jadi pada umumnya lebih menguntungkan jika membeli kamera yang ada stabilizer di body-nya karena lebih banyak kelebihannya, apalagi jika lensanya juga punya stabilizer sehingga bisa bekerjasama dengan kameranya dengan baik.

Foto: Enche Tjin
Foto: Enche Tjin

Source : Inet Detik

Previous articleWaspada Puting Beliung pada Musim Pancaroba, Kenali Tanda dan Sifatnya
Next articleBenarkah Ponsel “Menjajah” Kita? Begini Jawaban Ahli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.