Home Lifestyle Jauhi Hal Berikut Kalau Nggak Mau Alami Mimpi Buruk Malam Nanti

Jauhi Hal Berikut Kalau Nggak Mau Alami Mimpi Buruk Malam Nanti

427
0

Mimpi gigi copot, hilang di tengah hutan sendirian, terjatuh dari ketinggian atau dikejar sosok yang asing merupakan contoh dari sekian banyak mimpi buruk yang dialami oleh seseorang.

Ketika mengalami mimpi buruk, nggak jarang kamu bangun dengan perasaan yang tidak karuan dan jantung berdebar. Keringat mengucur di dahi dan leher. Lalu saat melihat jam, ternyata masih menunjukkan pukul 3 pagi. Makin horor.

Nggak jarang mimpi buruk bisa terasa sangat nyata sampai kamu bisa mengingat detail yang terjadi sehingga membuat panik dan ketakutan ketika terbangun. Mimpi buruk biasanya terjadi secara spontan, tapi ada juga lho berbagai kebiasaan yang bisa memicunya.

Jika tidak ingin mengalami mimpi buruk malam nanti, berikut hal-hal yang harus kamu hindari dikutip detikHealth dari berbagai sumber.

1. Makan sebelum tidur
Makan atau nyemil sebelum tidur dapat meningkatkan metabolisme yang menyebabkan otak menjadi lebih aktif yang mengarah kepada variasi mimpi. Sebuah penelitian menunjukkan makanan pedas, junk food, es krim dan makanan manis lainnya dapat memicu mimpi buruk.

Penelitian ini juga menunjukkan 7 dari 10 orang alami mimpi buruk setelah makan makanan manis dan junk food sesaat sebelum tidur. Duh, merinding abis.

2. Minum alkohol
Minum alkohol sebelum tidur bukan hanya membuat kualitas tidur menjadi lebih buruk tetap meningkatkan rasio REM (Rapid Eye Movement) ketika tidur yang meningkatkan risiko terjadi mimpi buruk.

Nggak perlu berbotol-botol bir, cukup seteguk wine saja ternyata bisa membuatmu mengalami mimpi yang tidak menyenangkan. Misal, bertemu mantan yang sudah menikah dan tertawa dihadapanmu. Hihihi..

3. Jauh-jauh dari ponsel dulu
Pancaran sinar biru atau blue light dari ponselmu juga berdampak pada kualitas tidur. Nggak bisa dipungkiri, main ponsel sebelum tidur juga membuat seseorang malah lebih susah tidur dan mengalami kecemasan.

Nah, perasaan-perasaan itu yang bisa memunculkan mimpi buruk ketika kamu sedang tidur. Jadi, usahakan hindari bermain ponsel sesaat sebelum akan tidur.

4. Nonton film seram
Siapa yang sehabis nonton film pengabdi setan dan setelahnya bermimpi bertemu dengan sosok ‘ibu’? Kamu nggak sendiri! Sebab beberapa orang dapat mengingat kembali memori dari situasi yang ditayangkan pada film seram yang diputar kembali dalam otak ketika sedang tidur.

Film horor juga dapat menyebabkan stres dan gangguan kecemasan yang membuat mimpinya makin kurang menyenangkan. Kalau malam ini kamu punya rencana nonton film horor, mending tunda aja deh. Ngeri!

Source : https://health.detik.com

Previous articleIni Waktu Terlelet untuk Akses Internet 4G di Indonesia
Next articleMenurut Sains, Ini Waktu Terbaik untuk Berolahraga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.