Home Lifestyle Apa Beda Efek Gula Sederhana dan Gula Kompleks pada Tubuh?

Apa Beda Efek Gula Sederhana dan Gula Kompleks pada Tubuh?

1081
0

Ketika Anda mendengar kata gula, apa yang ada di benak pikiran Anda? Gula pasir? Ya, itu adalah salah satu jenis gula dalam bentuk sederhana.

Secara umum, terdapat dua jenis gula yang bisa Anda temukan, yakni gula sederhana dan gula kompleks. Sudah tahu apa saja perbedaan dari keduanya? Simak ulasan di bawah ini.

Gula sederhana

Gula sederhana sering disebut juga dengan karbohidrat sederhana. Semua karbohidrat sederhana hanya terdiri dari satu (monosakarida)atau dua molekul gula (disakarida).

Karena bentuknya yang sederhana, gula jenis ini sangat cepat dicerna. Saat gula sederhana ini masuk ke aliran darah, gula ini akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan dengan cepat.

Lonjakan gula darah yang tinggi di dalam tubuh perlu diseimbangkan dengan produksi hormon insulin di dalam tubuh. Ketika lonjakan gulanya besar, maka tubuh memerlukan hormon insulin dalam jumlah besar juga untuk menyeimbangkan kondisi gula dalam darah.

Pada orang yang sehat, kemampuan metabolisme gula di dalam tubuh bisa teratasi dengan baik. Meski begitu, jika terlalu sering mengonsumsi gula tetap bisa meningkatkan risiko untuk mengalami resistensi insulin.

Namun, bagi para diabetesi, hal ini cukup membahayakan.

Pasalnya, penderita diabetes melitus memiliki kondisi hormon insulin yang terganggu, atau ada juga yang tidak memproduksi insulin. Bagaimana mau mengatur kondisi gula darah saat terjadi peningkatan gula setelah makan yang terlampau tinggi ini?

leh karena itu, para diabetesi sangat wajib mengatur makanannya yang masuk agar tidak menimbulkan hiperglikemia. Meskipun dibekali obat atau injeksi insulin, pemilihan jenis gula sangat penting agar tidak memperberat kerja tubuh para diabetesi.

Dilansir dalam laman Everyday Health, Sandra Mayerowitz, MPH, RD, seorang ahli gizi, mengatakan bahwa semua sumber karbohidrat sederhana belum tentu buruk, itu tergantung dari makanan apa yang Anda konsumsi.

Misalnya, buah dan sayur. Keduanya adalah sumber vitamin dan mineral penting yang secara alami mengandung karbohidrat atau gula sederhana.

Tetapi, buah dan sayuran secara signifikan sangat berbeda dengan sumber gula sederhana lainnya, seperti cake dan kue-kue yang mengandung gula pasir atau gula halus.

Serat dalam buah dan sayuran mengubah cara tubuh memproses gula sederhana yang ada dalam buah dan sayur. Serat dalam sayur dan buah memperlambat pencernaan, dan membuat keduanya lebih mirip dengan makanan dari gula kompleks.

Contoh gula sederhana yang harus dibatasi dalam diet Anda antara lain:

  • Soda
  • Permen
  • Kukis
  • Pastry
  • Minuman manis
  • Minuman berenergi
  • Es krim
  • Soft drink
  • Table sugar (sukrosa)

Gula sederhana boleh saja Anda konsumsi, namun jangan jadikan gula sederhana sebagai sumber karbohidrat utama Anda.

Gula Kompleks

Gula kompleks atau yang sering disebut dengan karbohidrat kompleks adalah gula yang memiliki rangkaian struktur lebih panjang daripada gula sederhana. Karena strukturnya yang kompleks atau panjang ini, sumber karbohidrat kompleks lebih lama untuk dipecah dalam tubuh.

Gula kompleks atau yang sering disebut dengan karbohidrat kompleks adalah gula yang memiliki rangkaian struktur lebih panjang daripada gula sederhana. Karena strukturnya yang kompleks atau panjang ini, sumber karbohidrat kompleks lebih lama untuk dipecah dalam tubuh.

Karbohidrat kompleks secara struktural disebut juga dnegan polisakarida, dimana polisakarida ini bisa mengandung lebih dari 60.000 molekul gula.

Di dalam tubuh, 60.000 lebih molekul gula ini harus dipecah terlebih dahulu menjadi molekul gula paling sederhana, yakni menjadi molekul tunggal.

Jika sudah menjadi molekul tunggal, barulah gula ini bisa diserap ke dalam aliran darah. Kondisi ini yang membuat karbohidrat kompleks akan melepaskan glukosa secara bertahap ke aliran darah dan tidak terjadi lonjakan kadar gula darah tiba-tiba meningkat drastis setelah makan.

Karena sifatnya yang tidak menimbulkan lonjakan gula darah secara drastis dan cepat setelah makan ini, gula kompleks adalah jenis gula yang aman apalagi bagi para diabetesi.

Contoh makanan yang mengandung gula kompleks adalah:

  • Roti
  • Pasta
  • Nasi
  • Kentang
  • Jagung
  • Barley
  • Oatmeal

Semakin kompleks, semakin baik

Karbohidrat yang semakin kompleks mengandung kandungan gizi seperti vitamin dan mineral yang lebih banyak daripada karbohidrat sederhana.

Kadar seratnya pun lebih tinggi dan lebih cepat membuat kenyang. Tidak heran jika makanan dengan gula semakin kompleks bisa membantu menjaga berat badan.

Gula kompleks juga adalah salah satu sumber makanan yang ideal untuk orang dengan diabetes melitus, sebab mampu mencegah lonjakan gula darah yang signifikan setelah makan. Kondisi gula darah tubuh pun lebih stabil.

Source : https://sains.kompas.com

Previous articlePenyedap Rasa dan Pengawet Makanan Bikin Malas Olahraga, Kok Bisa?
Next articleShut Down Windows 10 Terasa Lama? Mungkin Ini Penyebabnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.