Home Leisure Ada 4 Tipe Marah, Pernah Mengalami yang Mana?

Ada 4 Tipe Marah, Pernah Mengalami yang Mana?

302
0

Setiap orang pasti pernah merasakan marah karena suatu hal. Tentu saja, sebab marah adalah ungkapan emosi yang wajar. Tahukah kamu, marah dapat dibagi ke dalam empat kelompok berikut ini.

Ketika marah, seseorang bisa saja masuk ke salah satu tipe ini atau kombinasinya. Di setiap marah pun tak selalu muncul tipe yang sama.

1. Passive-Aggressive
Seseorang marah dengan berusaha meyakinkan orang lain bahwa ia tak bersalah. Dapat dikatakan, perkataan dan perbuatannya tidak sama.

“Biasanya pada orang yang tingkat kepercayaan dirinya itu naik turun. Jadi dia enggak bisa mengekspresikan marahnya, sehingga kata-kata dan actionnya jadi berbeda,” tutur Asta Dewanti, psikolog dan juga Founder ‘Ada di Kamu’ pada Minggu (25/8/2019).

2. Avoidant
Orang yang senang memendam amarah bisa mengalami tipe ini. Tipikal orang ‘avoidant’ adalah mereka kerap menghindari konflik dan cenderung banyak diam.

3. Diplomatic
Tipikal diplomatik adalah mereka yang sadar bahwa dirinya salah, namun berkomunikasi dengan tetap menjaga perasaan orang lain.

“Tipikal yang asertif. ‘I’m ok, you’re ok’,” kata Asta.

4. Explosive
Marah di kelompok ini cenderung berapi-api atau ‘ngegas’. Tanpa diperhalus, seseorang dengan marah tipe explosive akan mengutarakan dengan lugas apa yang dirasakan. Beberapa orang bisa sampai melempar barang atau sesuatu. Itu terjadi karena sudah kehabisan cara berkomunikasi. Namun, ujungnya adalah menyesal.

Source : https://health.detik.com

Previous articleIni Alasan Tak Boleh Mencuci Ayam Sebelum Dimasak
Next articleTak Cuma Enak, ‘Ngulet’ Saat Bangun Tidur Juga Ada Manfaatnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.