Home Technology and Tips Ternyata 3 Hal Ini Bikin Streaming Video Jadi Lemot

Ternyata 3 Hal Ini Bikin Streaming Video Jadi Lemot

355
0

Saat ini akses internet seakan tak bisa lepas dari aktivitas sehari-hari. Hampir setiap orang membutuhkan jaringan internet baik untuk berkomunikasi, pekerjaan, ataupun menonton video streaming.

Namun sayangnya, saat tengah asyik menonton streaming, seringkali mendapati video yang buffering atau lemot. Jika sudah buffering begitu, tentu akan sangat menyebalkan. Padahal kuota internet masih cukup atau sinyal wifi juga dalam kondisi full.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu harus tahu cara streaming yang efektif tanpa buffering. Mengutip Mashable, sebenarnya ada 3 hal yang bisa bikin buffering saat menonton video secara streaming. Berikut ulasannya:

1. Pengguna WiFi yang Ramai

Saat menghubungkan elektronik rumah tangga seperti TV kabel, laptop, PC, ataupun banyak smartphone ke suatu jaringan internet, jangan sampai terlalu banyak, sehingga beberapa peralatan tersebut saling berebut koneksi. Terkadang, kamu sering lupa bahwa semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan, maka akan semakin lambat koneksi internetnya.

Karena itu, sebelum kamu melakukan streaming, masuklah ke koneksi jaringan, nonaktifkan berbagi internet dan putuskan sambungan perangkat yang tidak digunakan. Selain itu, pastikan kamu mengeluarkan semua aplikasi web yang turut berkompetisi memperebutkan koneksi dengan streaming video yang kamu putar.

2. Bersihkan Cache

Tak banyak orang yang tahu kalau cache yang menumpuk bisa menghambat kinerja suatu ponsel. Cache awalnya mungkin bisa membantumu lebih cepat mengakses browser yang pernah kamu kunjungi sebelumnya, tapi jika tidak pernah dibersihkan dalam jangka waktu lama, ukuran cache akan membesar, sehingga bisa menghambat performa ponsel saat digunakan streaming.

Sebagai informasi, cache merupakan data bersifat sementara yang mencatat semua aktivitas kamu saat menggunakan sebuah aplikasi. Jadi, ketika kamu akan melakukan streaming, sebaiknya masuklah ke pengaturan browser dan hapus histori terkini. Tak ada salahnya untuk mengosongkan cache agar kinerja ponsel lebih baik dan internet menjadi lancar.

3. Ganti Channel

Jika kamu memiliki tetangga, router dan access point mereka bisa saja mengganggu milik kalian dan membuat sinyal wifi menjadi lambat. Router wifi bisa bekerja di berbagai channel, dan kalian bisa menggunakan channel yang lebih sepi dan jarang digunakan.

Di PC atau komputer Windows, kalian bisa melihat channel mana yang digunakan oleh WiFi tetangga. Caranya masuk ke Command Prompt dan ketik ‘netsh wlan show all’. Nantinya kamu akan melihat daftar yang berisi jaringan wireless dan channel yang digunakan di sekitar kalian.

Source : https://inet.detik.com

Previous articleUSB Type C dan Micro USB, Bedanya Apa Sih?
Next articleMemahami 7 Fakta Menarik tentang Keseimbangan Tubuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.