Home Technology and Tips 5 Tips membuat caption IG menarik, bisa menambah followers

5 Tips membuat caption IG menarik, bisa menambah followers

291
0

Menyampaikan pesan saat ini bisa dilakukan dengan beragam cara. Nggak melulu dengan kalimat panjang, dengan bahasa yang singkat dan fokus pada inti pesan, dapat memberikan kejelasan kepada pembaca.

Media dalam menyampaikan pesan saat ini juga semakin banyak. Melalui beragam platform digital dan media sosial sering dilakukan orang-orang dalam menyampaikan sesuatu.

Daya tarik media sosial dalam menyampaikan pesan, saat ini semakin diminati masyarakat. Selain lebih menarik, media sosial juga memiliki keuntungan lebih mudah dilirik.

Instagram adalah salah satu contoh media sosial yang mudah dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan. Bisa berupa foto, gambar, video, maupun tulisan di keterangan atau caption.

Caption merupakan penjelasan pada sebuah karya. Caption dapat menjelaskan tujuan pemilik karya dalam menampilkan karyanya.

Melalui caption juga dapat menimbulkan interaksi dengan para pengikut. Dari hal ini kamu bisa mendapatkan responss mengenai karyamu. Selain itu kamu juga bisa saling bertukar pikiran atau sekadar menyapa.

Caption pada Instagram tidak hanya sebagai pemanis, tapi juga dapat menjadi daya tarik. Lebih menguntungkan lagi, caption yang menarik dapat menambah followers atau pengikut akunmu.

Untuk itu, kamu harus tau beberapa cara membuat caption yang menarik sehingga dapat menambah followers Instagrammu.

Yuk simak ulasannya

1. Sampaikan sebuah kisah.

Salah satu cara untuk membuat caption yang menarik adalah dengan cara bercerita. Kamu bisa bercerita mengenai perjalanan hidupmu, hobi, atau kisah mengenai konten yang kamu unggah. Ada juga beberapa akun yang menyampaikan sebuah kisah yang dapat memberikan motivasi kepada pengikutnya. Gunakan diksi yang menarik agar dapat mencuri perhatian pengikut.

Selain itu kamu juga bisa menerapkan alur cerita dengan tiga tahap seperti pengenalan, konflik, dan penyelesaian.

2. Ajukan pertanyaan.

Membuat caption yang menarik juga dapat membangun karaktermu di dunia maya. Dengan hal tersebut ornag-orang akan memberikan label tersendiri pada akunmu.

Selain menyampaikan sebuah cerita, kamu juga bisa sesekali mengajukan pertanyaan pada captionmu. Hal ini dapat membuat followers semakin penasaran pada konten selanjutnya.

Di sisi lain, tips ini juga dapat menghindari dari rasa bosan pengikut dalam memantau kontenmu. Interaksi dengan pengikut akan semakin seru jika kamu juga membalas respons mereka pada kolom komentar. Jika ia tertarik, maka besar kemungkinan kontenmu akan disebarkan dan muncul pengikut-pengikut baru yang berdatangan.

3. Caption singkat namun berkesan.

Kalau kamu tidak suka dengan gaya penulisan caption yang panjang, kamu bisa mengubahnya menjadi lebih sederhana. Caption yang singkat bukan berarti tidak ada pesan yang tersampaikan.

Kamu bisa menggunakan pilihan kata yang tepat sasaran agar menimbulkan kesan. Agar captionmu tidak terlewatkan oleh pengikut, kamu bisa menyampaikan inti pesan di awal kalimat. Jika kamu ingin menyampaikan pesan yang singkat, usahakan tidak melebihi 125 karakter. Karena jika melebihi batas itu, pengikut harus mengetuk “selanjutnya” untuk mengetahui kelanjutan captionmu. Hal ini akan menjadi caption yang terlalu panjang. Selain itu akan berkemungkinan dilewatkan begitu saja oleh para pengikut.

Jangan lupa pikirkan inti pesan yang ingin kamu sampaikan. Poin ini akan membantumu dalam mengingat hal-hal apa saja yang perlu kamu sampaikan dalam caption.

4. Menggunakan bahasa yang konsisten.

Bahasa yang konsisten dalam penulisan caption akan memberikan pengaruh baik untuk akunmu. Sosokmu dalam dunia maya akan lebih mudah diingat para pengikut melalui caption yang kamu tulis.

Jika kamu menulis dengan gaya yang lucu dan mengundang tawa, orang akan mengenalmu sebagai sosok yang humoris. Begitu juga ketika kamu menggunakamn kata-kata yang bijak, maka pengikut akan menilai mu dengan hal yangs serupa.

Bahasa yang konsisten nggak hanya dapat terlihat dalam kata-kata saja. Kamu juga bisa konsisten dalam menggunakan emoji atau simbol-simbol lainnya.

5. Bagikan penggalan caption pada Instastories.

Caption yang sudah kamu buat dalam unggahan, ada kemungkinan terlewatkan oleh pengikutmu. Karena bisa jadi mereka tidak sempat membuka Instagram saat kamu mengunggah konten itu. Apalagi dengan semakin banyaknya fitur yang disajikan Instagram, membuat fokus pengikut menjadi terbagi.

Jangan khawatir, bukan berarti captionmu menjadi sia-sia kok. Kamu bisa membagikan potongan caption kamu melalui Instastories. Instastories akan lebih mudah terlihat, mengingat durasinya yang singkat.

Kamu bisa membagikan unggahanmu pada Instastories dengan menambahkan potongan captionmu. Hal ini akan memancing pengikut untuk membuka unggahan terbarumu.

Kamu juga bisa menambahkan GIF atau stiker untuk menarik perhatian para followers. Namun jangan berlebihan ya, agar mereka masih memiliki rasa penasaran untuk melihat unggahanmu dan membaca captionmu.

Source : https://www.brilio.net/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.