Home DPRD Balikpapan Komisi III DPRD Balikpapan Sidak Banjir Graha Indah

Komisi III DPRD Balikpapan Sidak Banjir Graha Indah

91
0

Warga Jalan Padat Karya RT 61 Graha Indah, Balikpapan Utara, kerap mengeluhkan juka hujan deras, kawasan tersebut terendam banjir setinggi 1-1,5 meter. Akses jalan tersebut pun lumpuh tidak dapat dilewati, sedangkan di wilayah ini terdapat perumahan Jokowi dan pondok pesantren. Masalah ini membuat Komisi III DPRD Balikpapan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak), pada Sabtu (23/1/2021).

Sidak dipimpin oleh Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Alwi Al Qodri beserta Anggota Komisi III DPRD Balikpapan. Tampak hadir dalam sidak Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Balikpapan, Andi Yusri Ramli beserta staf yang membidangi.

Setelah meninjau langsung lokasi banjir bersama Dinas Pekerjaan Umum, Alwi mengatakan, sidak ini dilakukan karena adanya informasi keluhan warga Jalan Padat Karya Km 7 RT 61, Graha Indah, Balikpapan Utara mengenai permasalahan banjir di kawasan ini setinggi 1-1,5 meter.

“Kita tindak lanjuti, datang ke lokasi bersama anggota Komisi III DPRD Balikpapan beserta Kepala Dinas PU dan staf yang membidangi,” sebutnya seusai sidak.

Dijelaskannya, poin-poin penting yang perlu diperhatikan terkait penyelesaian masalah ini, yakni akan meninggikan jalan di kawasan ini, begitu juga dengan gorong-gorong agar dibersihkan supaya aliran airnya lancar.

Dikatakannya, penyelesaian banjir di kawasan ini nantinya akan dialokasikan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD Murni 2021 sebesar 5 milyar.

“Kebetulan anggaran sudah masuk di DAK APBD Murni sebesar 5 milyar, dengan anggaran ini diharapkan bisa menyelesaikan,” ujarnya.

Saat pengerjaan jalan ini, Alwi menambahkan, selain meninggikan jalan setebal 1 meter, nantinya jalan ini akan dibelah untuk membersihkan normalisasi gorong-gorong.

“Jangan sampai sudah dianggarkan sebesar ini tidak dapat menyelesaikan masalah, nanti kita yang repot,” ucap Politisi Partai Golkar ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan Andi Yusri Ramli yang ikut mendampingi sidak Komisi III DPRD Balikpapan menjelaskan, rencana program pembenahan ruas Jalan Padat Karya sepanjang kurang lebih 1,8 Km ini akan dialokasikan dari dana alokasi khusus sebesar Rp5 milyar.

Dipaparkannya, tahun 2021 ini DPU mempunyai rencana program pembenahan jalan di kawasan ini meliputi perbaikan kerusakan jalan, peningkatan rigid pavement dan perbaikan saluran.

“Pengerjaan terlebih dahulu akan membongkar gorong-gorong dan memasang boks dengan dimensi 2 meter, tidak hanya itu jalan akan ditinggikan setebal 1 meter, ” urainya.

Untuk pengerjaan, dia memastikan tahun ini dikerjakan menunggu persiapan lelang, dan paling lambat bulan Maret akhir. Ia menyebut, secara konstruksi pengerjaan ini tidak sulit. Diharapakan proses pengadaan berjalan lancar dan mendapat pelaksanaan yang bisa bekerjasama dengan cepat sehingga jalan dapat dinikmati warga.

Di tempat yang sama, warga RT 61 Graha Indah yang melaporkan banjir ini kepada DPRD Balikpapan, Risna mengatakan, jika hujan deras selama 4 jam, kawasan ini pasti banjir dan jadi kolam, padahal di sini ada pondok pesantren dan perumahan jokowi.

”Tergenang semua rumah yang ada di sini,” katanya sambil menunjuk perumahan yang letaknya di turunan jalan.

Dengan adanya respon dari DPRD Balikpapan, ia berharap, permasalahan banjir ini dapat segera diatasi dan masyarakat tidak merasa cemas jika terjadi hujan deras. [*]

Previous articleDPRD-BPKAD Balikpapan Bahas Perpres Penyesuaian Perjalanan Dinas
Next articleTNI dan Polri Melindungi Rakyat dari Bencana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.