Home DPRD Balikpapan Kerap Terjadi Lakalantas, Pembangunan Fly Over Muara Rapak Diagendakan Pemprov Kaltim

Kerap Terjadi Lakalantas, Pembangunan Fly Over Muara Rapak Diagendakan Pemprov Kaltim

88
0

Jalan Muara Rapak, Balikpapan kerap menjadi lokasi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Sudut kemiringan tanjakan Muara Rapak yang sangat curam tersebut disinyalir menjadi penyebab maraknya lakalantas, yang bahkan tidak jarang merenggut korban jiwa.

Baru-baru ini, terjadi lagi insiden lakalantas di wilayah tersebut. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun kejadian nahas menjadi perhatian khusus anggota DPRD Kota Balikpapan.

Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Alwi Al Qadri mengatakan, pembangunan jalan layang atau fly over Muara Rapak sebagai salah satu solusi mengatasi lakalantas di wilayah titik 0 Kilometer Kota Balikpapan tersebut sebenarnya telah diagendakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur pada tahun ini.

“Mudah-mudahan tahun ini jadi fly over. Informasi yang kami terima seperti itu. Sebenarnya sudah diagendakan fly over dari Provinsi,” ujar Alwi seusai pelantikan pengganti antar waktu (PAW) anggota DPRD Balikpapan, Selasa (9/2/2021).

Dijelaskannya, jalan layang Muara Rapak memang sangat sering terjadi kecelakan. Selalu tiap tahun berulang terjadi kasus kecelakaan hingga merenggut korban jiwa. Jadi dengan adanya pembangunan ini akan mengurangi insiden tersebut.

“Ya kita menyambut baik sebenarnya untuk mengurangi insiden-insiden yang sudah berulang tiap tahun,” katanya.

Menurut informasi yang diterima, pengerjaan pembangunan proyek Muara Rapak atau fly over memakan waktu hingga dua tahun.

”Informasinya 2021 sampai 2023 pengerjaannya. Mudah-mudahan itu benar-benar terlaksana tahun ini,” sebut Alwi.

Sebenarnya, Pemerintah Provinsi Kaltim telah mengupayakan rencana pembangunan fly over Muara Rapak dengan skema proyek multiyears contract alias tahun jamak, masuk anggaran APBD Kaltim 2021.

Namun, rencana tersebut ditunda dan akan dilanjutkan dalam pembahasan anggaran APBD Perubahan Kaltim tahun 2021. Dengan adanya rencana penundaan pembangunan fly over tersebut, maka kemungkinan pengerjaannya jalan layang Muara Rapak itu baru bisa dilakukan tahun 2022 mendatang. [*]

Previous articleHUT Balikpapan, DPRD Gelorakan Perlawanan pada Covid-19
Next articlePolri dan Nilai Penting Reklamasi dan Pascatambang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.